Scroll to Top

PSSI Belum Serahkan Surat Skorsing Untuk 6 Exco?

By Agus Prasetyo / Published on Saturday, 30 Mar 2013

PSSI Piring Retak Pecah

Masih ingat aksi Walkout yang dilakukan 6 anggota Exco saat Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI beberapa waktu lalu? Buntut dari tindakan itu, peserta kongres meminta agar enam exco itu diskorsing.

Namun adanya skorsing terhadap enam anggota Exco PSSI yakni Farid Rahman, Sihar Sitorus, Bob Hippy, Tuti Dau, Widodo Santoso, dan Mawardi Nurdin ternyata menyisakan tanda tanya.

Sebelumnya Sekjen PSSI, Hadiyandra menyatakan bahwa skorsing kepada enam anggota Exco dilakukan usai Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 17 Maret lalu dan hal tersebut bukanlah merupakan hasil keputusan KLB.

Selain itu Hadiyandra juga menegaskan bahwa enam exco itu tidak akan diundang saat rapat exco pada 5 April nanti.

Namun keenam exco tersebut tampaknya masih merasa tidak dikenai skorsing, karena belum ada surat resmi yang dikirimkan kepada mereka terkait skorsing yang diberikan usai KLB berlangsung.

Ketika dimintai konfirmasinya salah satu anggota Exco yang melakukan Walkout itu, Sihar Sitorus membenarkan hal tersebut.

“Hingga kini kami tidak tahu apakah diskorsing, karena tak ada surat skorsing yang kami terima” tegas Sihar Sitorus kepada wartawan, Jumat (29/3/13).

Sihar Sitorus juga merasa kecewa dengan tindakan salah satu petinggi PSSI, yang langsung mengumumkan ke publik prihal skorsing ini.

“Secara etika organisasi, seseorang dinyatakan diskorsing harus dikabarkan secara tertulis, juga asalan kenapa dikenai skorsing. Jangan langsung diumumkan ke publik, itu namanya pembunuhan karakter” tambahnya.

Sementara itu menurut anggota exco lainnya, Bob Hippy mempertanyakan forum apa yang bisa melakukan skorsing terhadap exco sesuai statuta.

Dia mengaku telah membaca seluruh isi statuta dan tak ada tulisan bahwa forum bisa menskorsing exco PSSI.

“Hadiyandra tak menyebut forum apa yang mengeluarkan skorsing terhadap enam exco” ungkap Bob.

“Sesuai Pasal 35 Statuta PSSI ayat 1, EXCO terdiri dari 11 anggota (1 Ketua Umum, 1 Wakil Ketua Umum, 9 Anggota). Ayat 2, Exco dipilih oleh Kongres. Saya membaca keseluruhan isi Statuta, tak satu pasal pun menyebutkan adanya Forum yang bisa menskorsing Exco” tambahnya.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda