Scroll to Top

Bursa Transfer Premier League: Mikel Arteta Bergabung ke Arsenal dari Everton

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 01 Sep 2011

Semua orang, termasuk Samir Nasri, mungkin beranggapan bahwa Arsenal tidak cukup memiliki uang untuk membeli pemain. Namun, celotehan mereka kini langsung ditutup dengan gerak luar biasa Arsene Wenger dalam penutupan bursa transfer.

Setelah tragedi pembantaian 8-2 oleh Manchester United, Wenger ingin penyegaran menyeluruh di semua lini. Dalam dua hari, mereka memboyong lima pemain.

Park Chu-Young didatangkan dari Monaco dengan transfer 1,8 juta poundsterling. Berikutnya, Andre Santos diboyong dari Fenerbahce dengan harga 6,2 juta poundsterling. Bek kenyang pengalaman, Per Mertesacker, juga digaet dari Werder Bremen dengan banderol 8 juta poundsterling.

Kemudian, untuk kebutuhan lini tengah, pertama mereka menggaet Yossi Benayoun dari Chelsea dengan status pinjaman. Puncaknya, idola Everton sekian tahun, Mikel Arteta, sukses direkrut pada detik-detik terakhir. Biayanya, 10 juta poundsterling.

Total biaya 26 juta pounds, walaupun mungkin didapatkan dari dua transfer luar biasa atas Samir Nasri dan Cesc Fabregas, menunjukkan The Gunners bukanlah klub miskin yang cuma hobi menjual pemain bintang. Siapa yang tidak mengenal Mertesacker yang bertahun-tahun selalu menjadi tulang punggung timnas Jerman? Siapa pula yang meragukan kehebatan Yossi Benayoun, yang kegagalannya di Chelsea cuma karena kurang diberi kesempatan?

Namun, yang terheboh tentu Mikel Arteta. Pemain 29 tahun ini dikontrak selama empat tahun. Sebelumnya, delapan tahun bersama Everton, Arteta seolah akan menutup karier di klub tersebut. Nyatanya salah. Godaan Liga Champions dan nama besar Arsenal mampu meluluhkan “kesetiaan” suami Lorena Bernal ini.

Dengan lima pemain matang yang diboyong dalam waktu singkat, tentu Arsenal tidak bisa lagi dianggap sebagai klubnya para remaja. Mereka siap bangkit dari keterpurukan awal musim ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda