Scroll to Top

Persib Tak Permasalahkan Nama Stadion Baru

By Aditya / Published on Saturday, 30 Mar 2013

stadion bandung lautan api persib

Nama stadion baru yang dibangun di Bandung dan diperuntukkan sebagai kandang baru Persib tidak menjadi masalah bagi Umuh Muchtar, Manajer tim Maung Bandung. Yang paling penting, kata Umuh Muchtar, pembangunan stadion baru tersebut cepat selesai dan bisa segera dipergunakan untuk home base bagi Persib Bandung.

“Apapun namanya, yang penting proses pembangunannya bisa secepatnya selesai. Bobotoh tentu sudah cukup tidak sabar melihat Persib bertanding di stadion baru,” ujar Umuh Muchtar di Bandung belum lama ini.

Adapun nama untuk Stadion baru yang dibangun di kawasan Gedebage, Bandung, Jawa Barat, itu akhirnya telah ditetapkan, yaitu Stadion Bandung Lautan Api (BLA). Penetapan nama stadion yang berkapasitas 40 ribu tempat duduk ini dilakukan lewat pooling SMS. Hasilnya, nama BLA dipilih setelah mengungguli dua calon nama lainnya, yakni Stadion Gelora Gedebage dan Gelora Rosada.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo sempat mengusulkan nama bagi stadion baru tersebut. Usulan nama yang diajukan oleh Menpora adalah Gelora Soeratin yang merujuk pada sosok pendiri PSSI, Soeratin Sosrosoegondo, yang dimakamkan di Bandung.

“Masyarakat Bandung saat ini tengah menantikan stadion baru Gedebage. Kita tahu begitu banyak pertentangan untuk penamaan stadion tersebut. Namun, usul dari saya stadion tersebut sebaiknya diberi nama Stadion atau Gelora Soeratin,” ujar Roy Suryo di Bandung awal bulan silam.

Namun, keinginan Menpora gagal menjadi kenyataan karena masyarakat Kota Kembang lebih memilih nama Bandung Lautan Api untuk stadion baru mereka. Bandung Lautan Api sendiri merupakan istilah untuk menyebut peristiwa bersejarah yang terjadi di Bandung saat perjuangan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 1946.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda