Scroll to Top

Firman Azhari, Kontestan Indonesia Jadi Jawara Kontes Keamanan Cyber

By Ibnu Azis / Published on Sunday, 31 Mar 2013

Firman Azhari 1

Firman Azhari, mahasiswa S2 Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STIE) Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil mengharumkan nama Indonesia. Dalam sebuah kontes keamanan cyber yang digelar Kaspersky untuk wilayah Asia Pasifik, ia keluar menjadi pemenang.

Firman Azhari sendiri yang berprofesi sebagai Asisten Peneliti Blackberry Inovation Center ITB dalam karyanya yang bertajuk ‘Detection of Security Vulnerability in Indonesia NFC Application’ mampu menggilas paper 14 kontestan lainnya dan berhasil jadi karya terbaik.

Ia menyoroti bagaimana rapuhnya keamanan di aplikasi-aplikasi yang gunakan teknologi near field communication (NFC). Aplikasi-aplikasi ini digunakan untuk infrastruktur di alat pembayaran transportasi publik dan akses kontrol di gedung bertingkat yang miliki tingkat keamanan cukup tinggi.

Firman Azhari
Firman Azhari (tengah)

“Saat presentasi, saya melakukan demonstrasi untuk memperlihatkan betapa cepat dan mudahnya mendapatkan data atau identitas seseorang menggunakan perangkat dengan sistem operasi Android,”ujar Firman Azhari yang dikutip dari Kompas Minggu (31/03/13).

Firman Azhari melanjutkan jika dirinya juga memberikan solusi dan jalan keluar dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Atas prestasinya ini Firman Azhari berkesempatan ikuti Kaspersky’s CyberSecurity for the Next Generation tingkat global. Nantinya karyanya akan diadu dengan jawara-jawara lain dari region Amerika, Rusia, serta Eropa pada Juli 2013 nanti di Royal Holloway, University of London.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda