Scroll to Top

Liga Inggris: Sunderland Berhentikan Martin O’Neill

By Wan Faizal / Published on Sunday, 31 Mar 2013

Martin O'Neill

Kekalahan 0-1 dari Manchester United semalam ternyata merupakan pertandingan terakhir bagi manajer Martin O’Neill bersama Sunderland. Pasca pertandingan, manajemen klub berjuluk The Black Cats itu menyodorkan surat pemecatan pada eks manajer Aston Villa tersebut.

Kekalahan itu menyebabkan Sunderland kini berada di posisi 16 dengan 31 poin. Hanya unggul satu poin dari Aston Villa yang nangkring di urutan 18. Perubahan dirasa perlu dilakukan manajemen Sunderland sehingga mereka memutuskan untuk memecat O’Neill.

“Sunderland telah memutuskan kerjasama dengan manajer Martin O’Neill. Klub ingin mengucapkan terima kasih pada Martin dan berharap ia sukses ke depannya. Pengumuman mengenai manajer pengganti akan ada dalam beberapa hari mendatang,” ucap pernyataan resmi klub.

Kinerja Sunderland bersama O’Neill musim ini memang sangat buruk. Dari 31 pertandingan, mereka hanya menang tujuh kali, seri 10 kali, dan kalah 14 kali. Dalam hal gol, mereka juga mencatat rekor 33 memasukkan dan 43 kali kemasukan.

Manajer yang menggantikan posisi Steve Bruce pada Desember 2011 lalu itu juga terbilang gagal dalam bursa transfer. Terutama saat keputusannya mendatangkan Danny Graham dari Swansea City di Januari kemarin. Graham terbukti kehilangan tajinya di depan gawang lawan, sama seperti yang ia alami bersama Swansea.

Pemecatan ini membuat O’Neill menjadi manajer kelima yang diberi surat PHK musim ini menyusul Mark Hughes (QPR), Roberto Di Matteo (Chelsea), Nigel Adkins (Southampton), dan Brian McDermott (Reading).

Sedangkan nama-nama seperti Di Matteo, Hughes, Steve McClaren, Owen Coyle, dan Paolo Di Canio muncul sebagai calon kuat suksesor O’Neill.

Siapa pun manajernya nanti, ia dipastikan akan mendapat tugas berat untuk menyelamatkan Sunderland dari ancaman degradasi. Akan semakin sulit karena mereka masih harus menghadapi Chelsea, Newcastle United, Everton, Aston Villa, Stoke City, Southampton, dan Tottenham Hotspur di laga sisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda