Share

lemak trans lemak jahat

Lemak jahat atau lemak trans, adalah jenis lemak yang menjadi biang keladi terjadinya penyakit jantung. Lemak ini terbentuk ketika minyak nabati mengeras melalui hidrogenasi dalam proses pengawetan agar tahan lama dan bisa disimpan dalam waktu lama.

Studi mengatakan bahwa konsumsi lemak jahat atau lemak trans terus menerus, walau sedikit, bisa  meningkatkan kadar kolesterol dan membuat resiko Anda mengidap penyakit jantung meningkat. Demikian pula diabetes tipe-2, khususnya bagi wanita.

Berikut ini adalah makanan yang banyak mengandung lemak jahat atau lemak trans, untuk dapat Anda hindari:

  • Keripik kentang. Camilan ini nampaknya tak berbahaya, namun sekantung kecil saja mengandung 1-3 gr lemak trans.
  • Popcorn microwave. Popcorn yang dibuat dalam microwave mengandung cukup banyak lemak jahat untuk tertimbun dalam tubuh. Cukup perhatikan dalam kemasannya, jika terdapat bahan ‘shortening’, maka itu adalah minyak terhidrogenasi.
  • Kerupuk. Kerupuk terutama yang asin, sebagian besar mengandung lemak trans.
  • Makanan beku. Makanan olahan beku semisal nuget, pizza beku, dan wafel mengandung lemak trans atau lemak jahat dalam jumlah banyak.
  • Kentang goreng. Makanan ini paling banyak dibahas kandungan lemak jahatnya, sebab tertinggi di antara yang lain. Sebisa mungkin jauhi makanan ini dan ganti dengan buah dan sayur.
  • Kukis(cookie). Kue kering kemasan ini disukai oleh semua orang, sehingga tanpa terasa kadang sehari mereka menghabiskan lebih dari 3 buah. Padahal dalam 1 buah mengandung sekitar 1 gram lemak trans.
  • Minyak goreng. Ini adalah salah satu sumber lemak trans yang banyak digunakan orang. Menguranginya tentu akan lebih sehat bagi Anda, atau gunakan saja minyak zaitun sebagai penggantinya.

 

Sumber : Care2