Scroll to Top

Google Mengembalikan Kemampuan Akses Offline Pada Produknya

By Ivan Azzam / Published on Thursday, 01 Sep 2011

Setelah penundaan beberapa waktu, kini Google memberi fitur untuk menggunakan Gmail, Google Docs, dan Google Calendar saat penggunanya sedang offline.

Rajen Sheth, Manajer Produk Google, mengatakan bahwa, Gmail, Google Calendar, dan Google Docs adalah fitur utama yang pengguna ingin pakai, maka dari itu, Google ingin membawa fitur-fitur di atas ke offline.

Offline Gmail tentunya bisa membuat pengguna membaca dan menulis pesan, membalas pesan orang lain atau mengarsipkan pesan, seperti yang dikutip dari pernyataan Alex Gawley, Manajer Senior Produk Google. Tentu tidak ada tindakan yang diambil saat masih offline hingga koneksi kembali terhubung dan software Google ini kembali tersinkronisasi dengan server Google.

Namun tentunya masih ada kekurangan yang patut dicatat, kekurangan tersebut sebagai berikut:

  • Fitur offline ini awalnya hanya akan muncul pada browser Google Chrome, yang terinstal melalui Chrome Web Store. Dukungan pada browser lain akan hadir saat browser yang lain itu juga mendukung fitur web app yang dibutuhkan, kata Sheth.
  • Pengguna hanya bisa membaca dokumen (word dan spreadsheet), artinya anda belum bisa mengedit dan semacamnya, maka dari itu Sheth mengatakan Google sedang mengusahakannya agar bisa dilakukan secara offline.
  • Untuk fitur Gmail offline, pengguna akan memakai aplikasi yang terpisah, bukan web application biasanya.
  • Fitur Gmail offline ini akan menyimpan surat yang berumur tiga sampai tujuh hari, tergantung berapa banyak surat yang dimiliki.
  • Untuk Google Calendar offline, pengguna bisa membaca secara offline dan membalas ke RSVP, namun tidak bisa membuat entri baru.
Gmail Offline dan aplikasi lainnya ini adalah aplikasi web yang baru bisa berjalan di Chrome. (via CNET)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda