Scroll to Top

April Mop 2013: Youtube Berhenti Beroperasi dan Kembali Online 2023

By Ibnu Azis / Published on Monday, 01 Apr 2013

YouTube

Secara mengejutkan Youtube memutuskan untuk menghentikan layanan per 1 April 2013. Situs berbagi video Google ini akan kembali online pada tahun 2023. Banyak pengguna yang kecewa dan kesal. Namun kegeraman mereka hanya sesaat tatkala mengetahui jika kabar tersebut hanya tradisi April Mop di tahun ini.

Tak terasa telah delapan tahun Youtube menemani pemirsa daring. Dalam kurun hampir satu dasawarsa Youtube menghiasai hampir seluruh pelbagai aktivitas pengguna internet di dunia.

“Kami akhirnya harus berhenti beroperasi. Malam ini mulai tengah malam nanti, Youtube tak lagi menerima unggahan video. Setelah alami perjalanan delapan tahun yang mengagumkan, kini waktunya me-review dan memutuskan pemenangnya,” ujar Tom Liston, Direktur Komunikasi Youtube dalam sebuah video yang diunggah.

Seluruh video yang telah diunggah dalam delapan tahun ini nantinya akan diseleksi oleh juri-juri terpilih. Setelah proses penyeleksian selesai – yang membutuhkan waktu 10 tahun – nantinya akan diumumkan pemenangnya pada tahun 2023 mendatang.

Juri-juri terpilih dari pelbagai kalangan. Seperti seniman, artis Youtube, staf Google, maupun dari kalangan internal Youtube. Sebuah reward menarik telah disiapkan bagi sang jawara yang beruntung.

Ini bukan kali pertama Youtube lakukan aksi ‘tipu-tipu’ di bulan April. Tahun 2011 lalu idenya tak kalah kreatif. Youtube menyediakan layanan pre order video terpilih yang bisa dikonversi ke DVD dan dikirim langsung ke rumah pemesan.

[youtube width=”600″ height=”300″]H542nLTTbu0[/youtube]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda