Scroll to Top

Lenovo akan Akuisisi Bisnis Ponsel NEC?

By Ditya / Published on Monday, 01 Apr 2013

Lenovo A1000

Sebuah sumber anonim melaporakan bahwa Lenovo dikabarkan tengah terlibat pembicaraan untuk membeli atau mengakuisisi bisnis ponsel perusahaan asal Jepang, NEC Corp. Tak hanya itu, NEC juga membicarakan penjualan bisnis ponselnya pada pembeli potensial dari dalam negeri Jepang sendiri.

Hal ini cukup mengejutkan mengingat NEC pernah menyatakan bahwa bisnis ponsel merupakan bagian penting dari keseluruhan operasinya. Tapi sumber anonim mengklaim bahwa perusahaan mencurahkan aset untuk meningkatkan profitabilitas setelah dua tahun konsisten megalami kerugian keuangan tiap kuartal dan pangsa pasar yang menurun.

Namun, akuisisi bisnis ponsel NEC oleh Lenovo ini tampaknya disangkal oleh seorang wakil NEC yang berbicara melalui Bursa Efek Tokyo. Harus diakui bahwa NEC gagal meraih sukses di pasar ponsel internasional karena kalah bersaing dengan raksasa lain seperti Samsung dan Apple.

“Di tengah pasar yang cepat berubah kita sedang mempertimbangkan sejumlah cara untuk meningkatkan daya saing bisnis ponsel kami, tapi tidak ada yang telah diputuskan,” kata seorang wakil NEC.

Sedangkan Lenovo, raksasa PC asal China ini sebelumnya pernah dikabarkan akan mengakuisisi Research In Motion yang kini telah berganti nama menjadi BlackBerry. Namun, kabar ini juga belum ada kelanjutannya.

Lenovo sendiri saat ini termasuk pemain baru di pasar ponsel dan smartphone. Perusahaan yang berbasis di China ini masuk pasar smartphone dan tablet karena pasar PC yang menjadi bisinis utamanya diperkirakan akan mengalami penurunan dari waktu ke waktu.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (31/03/2013), jika memang benar bisnis ponsel NEC diakuisisi Lenovo, maka pembesut produk ThinkPad ini akan lebih jor-joran di pasar ponsel dan smartphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda