Scroll to Top

Hamilton Pool, Kolam Alami Nan Indah di Tanah Texas

By Ilham Choirul / Published on Monday, 01 Apr 2013

hamilton pool

Alangkah indahnya kolam alami yang ada di Texas, Amerika Serikat ini. Akibat terjadinya erosi besar-besaran yang terjadi ribuan tahun lalu di sebuah sungai bawah tanah, Hamilton Pool pun tercipta. Kolam berisi air jernih ini menempati sebuah cekungan yang muncul karena erosi itu. Di sekitarnya tampak berdiri kokoh lembengan batu kapur beserta beberapa stalaktit besar. Hal ini menambah suasana alami kolam Hamilton.

Banyak wisatawan dan warga setempat yang menjadikannya tempat berenang. Apalagi saat musim panas tiba, pengunjungnya bertambah banyak. Kolam Hamilton berada sekitar 27 kilometer arah Barat dari Austin, Texas off Highway 71. Ketenaran Hamilton sudah dikenal sejak tahun 1960-an.

hamilton pool

Sisi menarik kolam Hamilton lainnya adalah adanya air terjun kecil yang meluncur dari 50 meter . Kolam ini pada sebagian sisinya memiliki atap seperti halnya sebuah stadion sepakbola.  Dan, air terjun ini meluncur dari salah satu tepi atap alami tersebut.Air ikut mengalir dari atap kolam dengan debit air yang lebih kecil.

Kondisi air tetap mengalir sekalipun musim panas tiba. Belum pernah ditemui air terjun ini mengering, walaupun pada sebagian waktu debit airnya berkurang. Sementara untuk air di kolam cenderung memiliki ketinggian yang konstan meski musim kering datang.

hamilton pool

Pesona kolam Hamilton masih ditambah dengan banyaknya spesies yang hidup di sekitarnya. Dikutip dari Amusing Planet, beberapa spesies tumbuhan yang bisa ditemui adalah juniper dan padang rumput yang ditumbuhi dengan rumput alami serta bunga-bunga liar.  Ditemukan pula beberapa spesies langka di sana, seperti  canyon mock-orange, red bay, dan bunga-bunga anggrek yang diketahui hanya tumbuh di sekitar di sepanjang kolam Hamilton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda