Scroll to Top

Inilah yang Perlu Dilakukan Saat Sulit Tidur Malam

By Ilham Choirul / Published on Monday, 01 Apr 2013

insomnia

Tidak mudah bagi sebagian orang untuk memejamkan mata di malam hari. Mereka cukup tersiksa dengan insomnia yang dirasakan. Sulit tidur juga kadang dialami oleh seseorang pada waktu-waktu tertentu. Dan, hal ini harus bisa diatasi mengingat tidur malam banyak efek positifnya bagi tubuh.

Dikutip dari Huffington Post, ada 6 cara yang harus dihindari agar Anda bisa segera terlelap di malam hari:

  1. Jangan berada di kasur. Saat Anda suit tidur, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk terus di atas kasur. Hal tersebut justru membuat Anda makin sulit sulit tidur. Alternatifnya, Anda lakukan kegiatan ringan yang bisa membwa Anda untuk mengantuk. Misalnya, membaca buku. Sewaktu tubuh merasa capek dan perlu istirahat, itlah saatnya Anda mengakhiri insomnia.
  2. Jauhi minum alkohol. Bagi pecandu alkohol, meminumnya dianggap dapat bisa mengatasi masalah tidur. Justru kebalikan dari itu, alkohol dapat menimbulkan kegelisahan yang membuat Anda terbangun berkali-kali di malam hari.
  3. Jauhkan internet dari di Anda. Browsing di malam hari untuk tujuan agar Anda mengantuk, justru menjadi pengganggu tidur malam Anda. Cahaya yang keluar dari perangkat gadget dapat mempengaruhi otak dan membuat Anda terjaga. Sehingga, tidak tepat menunggu kantuk dengan memanjakan diri bersama gadget.
  4. Hindari minum kafein. Kafein bisa ditemui dalam kopi, teh, hingga coklat. Dari semuanya, kopi memegang angka tertinggi dalam jumlah kafein yang dimiliki.  Secangkir minuman berkafein dapat membuat Anda terjaga sampai beberapa jam. Diperlukan sekitar 6 jam untuk menghilangkan efek tersebut dari tubuh.  Jadi, hindari minum kopi minimal 6 jam sebelum Anda tidur malam.
  5. Hindari berolahraga dua jam sebelum tidur. Saat tidur diperlukan suhu tubuh yang lebih rendah. Jika Anda berolahraga di malam hari, dapat meningkatkan metabolisme yang membuat suhu tubuh meninggi. Ini membuat Anda terasa lebih segar dan tidak mudah mengantuk usai berolahraga.
  6. Jangan bekerja di  tempat tidur. Jika itu Anda lakukan, maka otak dapat mengasosiasikan tempat tidur adalah tempat kerja. Artinya, situasi stres yang Anda rasakan saat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda