Scroll to Top

Persib Inginkan Bobotoh Tetap Solid

By Aditya / Published on Monday, 01 Apr 2013

persib bobotoh 2

Kemenangan Persib Bandung atas Persegres Gresik United (GU) dalam lanjutan kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2013 akhir pekan silam  ternoda dengan pecahnya kerusuhan di antara suporter yang juga melibatkan aparat keamanan di Stadion Siliwangi Bandung. Insiden yang  disesalkan oleh banyak pihak tersebut diharapkan tidak terulang kembali dan semua elemen Bobotoh dihimbau agar tetap solid dalam mendukung Persib.

Sekretaris Panpel Persib, Budi Bram Rachman, mengakui bahwa selama ini terdapat persaingan di antara Bobotoh sendiri sehingga kerap berpotensi menimbulkan gesekan. Budi Bram Rachman pun berharap agar semua pihak dapat bersatu memberi dukungan terhadap perjuangan tim Maung Bandung.

Budi Bram Rachman juga akan mencoba merangkul seluruh elemen untuk sharing dan menemukan solusi atas permasalahan yang selama ini terjadi.

“Seharusnya kan mereka sama-sama mendukung Persib. Kita akan coba pertemukan mereka untuk sekadar ngobrol seperti apa seharusnya mereka ketika mendukung tim di lapangan. Jangan sampai kejadian serupa terulang,” ujar Budi Bram Rachman di Bandung, kemarin.

Insiden yang terjadi saat Persib bertanding melawan Persegres GU kemarin mengakibatkan puluhan penonton pingsan dan sejumlah lainnya yang mengalami luka-luka. Ironisnya, selain terjadi di antara para suporter Persib sendiri, bentrokan juga melibatkan aparat keamanan yang dinilai terlalu represif dalam melerai kericuhan sehingga banyak penonton yang terpukul pentungan, bahkan tendangan, dari petugas keamanan.

Sebenarnya, dalam pemetaaan suporter klub di Indonesia, Bobotoh termasuk di jajaran suporter yang paling populer selain Aremania, Bonekmania, Jakmania, dan sejumlah kelompok suporter lainnya. Oleh karena itu, gesekan internal yang terjadi di kalangan Bobotoh seharusnya tidak boleh terjadi lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda