Scroll to Top

Google Menyerahkan App Inventor Pada MIT

By Ivan Azzam / Published on Thursday, 01 Sep 2011

Sekitar setahun lalu, Google membuat proyek bernama App Inventor untuk Android. Seperti yang dikemukakan di situs resminya “To use App Inventor, you do not need to be a developer. App Inventor requires NO programming knowledge. This is because instead of writing code, you visually design the way the app looks and use blocks to specify the app’s behavior.” Cukup nyaman bagi orang yang ingin membuat aplikasi tanpa perlu kemampuan programming.

Google menginginkan penggunaan App Inventor berjalan serasi dengan alat pendidikan yang mendukung pengguna yang aktif berpartisipasi di proyek tersebut. Maka dari itu, App Inventor diwariskan ke MIT agar dilanjutkan penggunaannya di Media Lab mereka.

App Inventor memang menawarkan kepraktisan, namun jangan mutlak menjadikan ini sebagai alat untuk membuat sebuah aplikasi. Keterbatasan App Inventor ini adalah, aplikasi yang sudah selesai ukurannya bisa saja jauh lebih besar daripada anda murni menulis aplikasi itu sendiri melalui bahasa pemrograman.

Ditambah lagi, kurangnya tutorial menyulitkan pengguna, maka MIT ingin mengubah kekurangan tersebut.

Transisinya juga sudah dimulai, Google sudah mengirim e-mail ke seluruh partisipan dari App Inventor untuk menyatakan perubahannya. Sebagai awal mula, URL dari App Inventor menjadi http://www.appinventorbeta.com/, dan akan diarahkan ke server MIT. Google meyakinkan bahwa data pengguna tetap ada dan aman namun pengguna diminta menarik data mereka sampai akhir 2011 dan selanjutnya menggunakan aplikasi open source app inventor yang akan segera hadir.

Dengan MIT Media Lab mengambil alih proyek ini dan berfokus ke alat pendidikan sekaligus memperbaiki aplikasi ini, artinya akan ada fitur baru, demo yang lebih baik, dan konsep-konsep yang bagus dari App Inventor ini.

Tertarik dengan App Inventor? Cukup buat akun (yang nantinya sekaligus membuat akun Gmail) atau memakai Gmail anda yang sudah ada. (via Geek)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda