Scroll to Top

PSSI Tak Akui Lagi Setelah KLB, Persija IPL Bubar!

By Aditya / Published on Monday, 01 Apr 2013

Persija IPL

Merasa tidak diakui lagi oleh PSSI setelah Kongres Luar Biasa (KLB) yang telah dilangsungkan pada tanggal 17 Maret 2013 yang baru lalu, tim Persija Jakarta yang berlaga di kompetisi Indonesia Premier League (IPL) terancam bubar. Hal tersebut diakui oleh CEO Persija IPL, Bambang Sutjipto, yang merasa PSSI telah mengabaikan kepentingan tim-tim IPL setelah KLB.

Salah satu keputusan KLB PSSI, terutama yang terkait dengan penyatuan liga, menyebutkan bahwa mulai tahun 2014 mendatang, kompetisi tertinggi di Indonesia adalah Indonesia Super League (ISL). Dengan demikian, klub-klub yang kerap disebut sebagai klub ”kloningan”, termasuk Persija IPL, terancam tidak dapat ikut kompetisi musim depan.

Bambang Sutjipto pun seolah pasrah dengan kondisi tersebut. Meskipun belum dibubarkan secara resmi, namun Persija IPL tampaknya bermaksud tidak melanjutkan kiprahnya di IPL. Bahkan, para pemain dan staf pelatih tim ibukota tersebut sudah dipulangkan.

 “Kami realistis saja, setelah hasil KLB yang mengvonis kami tidak diakui oleh PSSI. Sudah tidak ada gunanya lagi kami mengikuti kompetisi. Jika dibilang bubar, ya bisa dikatakan seperti itu. Walau secara resmi belum,” keluh Bambang Soejipto di Jakarta, kemarin.

“Untuk pemain dan pelatih pun saat ini kami pulangkan. Kami tentu tidak mau memberikan harapan kosong kepada mereka. Mereka punya keluarga, mereka perlu biaya menyambung hidup. Jika terus disini, mungkin akan menyulitkan mereka,” lanjut ayah kandung striker Persib Bandung, Airlangga Sutjipto, ini.

Usai KLB PSSI, jalannya kompetisi IPL yang dikelola oleh PT Liga Prima Sportindo Indonesia (LPIS) pun semakin tidak jelas. Minim sponsor, tidak disiarkan di televisi, dan seabrek masalah lainnya kian memperberat langkah LPIS untuk tetap menggulirkan IPL.

Bahkan, seperti Persija IPL, sejumlah tim lainnya juga enggan melanjutkan kompetisi, seperti yang telah dilakukan oleh Persema Malang yang kemudian dinyatakan kalah WO dari PSM Makassar karena tidak datang ke stadion.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda