Scroll to Top

SM Entertainment Berbicara Tentang Plagiarisme Lagu Dream Girl SHINee

By Binar / Published on Monday, 01 Apr 2013

Anda pasti tahu lagu terbaru SHINee yang berjudul Dream Girl, kan? Rupanya lagu tersebut mengundang kontroversi dari fans Internasional. Mereka berpendapat bahwa lagu Dream Girl mirip dengan lagu Luis Miguel yang berjudul Vuelve.

Luis Miguel merupakan penyanyi Mexico yang terkenal pada tahun 80-an dan lagunya yang berjudul Vuelve tersebut dibuat pada tahun 2003.

Netizen yang mengetahui ini pun langsung membandingkan lagu tersebut. Mereka menggabungkan keduanya dalam satu video dan meng-upload nya ke Youtube. Lagu tersebut memang mirip dan semua orang yang mendengarkannya bahkan berpendapat demikian. Netizen berspekulasi bahwa kemungkinan SM Entertainment mencontoh lagu tersebut setelah pihak agensi membeli lagu tersebut.

Pihak SM Entertainment pun menanggapi tentang rumor plagiarisme dan pembelian hak cipta ini dengan memberikan komentar, “Dream Girl adalah hasil karya produser Shin Hyuk, yang terkenal karena menjadi produser dari penyanyi pop terkenal, Justin Bieber, dan begitu pula dengan tim nya ‘Joombas Music Factory’.” Ujarnya seperti dilansir allkpop. Kepada pihak Chosun SM Entertainment mengatakan, “Kami tidak membeli hak cipta dari lagu tersebut, dan tidak mencontohnya. Ini (lagu) murni adalah hasil karya SM Entertainment. Tuduhan atas plagiarisme itu hanya merupakan opini dari beberapa orang saja.”

Selain itu, SM Entertainment juga memberikan komentar saat ditanyai oleh Osen, “Kami mengetahui [masalah plagiarisme] bahwa itu berasal dari beberapa netizen. Kami tidak berpikir bahwa mereka tahu apa itu plagiarisme. Anda dapat mengatakan bahwa keduanya mirip, tetapi itu tidak benar jika mengatakan keduanya sama.”

Masalah ini pun akhirnya juga membuat komposer dari lagu Dream Girl memberikan komentarnya, “Untuk sebuah lagu yang dianggap plagiat dari sisi hukum, empat bar dari lagu tersebut harus benar-benar sama. Jika kalian membandingkan kedua lagu tersebut, kalian tidak akan berkata jika itu sama.”

Jadi, bagaimana menurut anda? Apakah anda berfikir sama seperti netizen lain yang menganggap bahwa kedua lagu tersebut sama?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda