Scroll to Top

BionicOpter Dragonfly, Robot Capung Unik Buatan Festo

By Ditya / Published on Tuesday, 02 Apr 2013
BionicOpter Dragonfly
BionicOpter Dragonfly

Festo memamerkan sebuah robot capung unik bernama BionicOpter Dragonfly yang memiliki tubuh yang sangat mirip denganseekor capung. Robot BionicOpter Dragonfly besutan Festo mengusung tubuh berwarna biru semi transparan lengkap dengan empat buah sayap layaknya capung sungguhan.

Festo menciptakan robot capung unik BionicOpter Dragonfly ini karena ingin meniru cara terbang seekor capung yang terbilang unik dan rumit. Berbeda dengan meniru cara terbang burung, cara terbang capung lebih sulit ditiru untuk dijadikan robot seperti BionicOpter Dragonfly ini.

Seekor capung dapat memindahkan dua pasang sayap independen satu sama lain, dapat membuat tikungan tajam, pergi ke belakang, dan bergerak dengan cepat. Ini merupakan sebuah tantangan untuk membuat tiruannya dalam bentuk robot.

Festo melakukan tantangan, dan hasilnya adalah BionicOpter Dragonfly, dimana perusahaan mengatakan adalah model pertama yang mampu menirukan cara terbang benda lainnya bisa pesawat, glider, dan helikopter semua dicampur bersama-sama.

Festo mengatakan bahwa masing-masing sayap dibangun dengan kontroler amplitudo, yang memungkinkan untuk beroperasi secara independen dari sayap mitranya dan pasangan lainnya dari sayap, dengan kedua intensitas dorong dan arah yang disesuaikan.

BionicOpter Dragonfly juga memiliki kemampuan untuk menyesuaikan getaran penerbangan dan dirancang untuk dapat beroperasi pada preset pengaturan terbang di area indoor dan outdoor.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (01/04/2013), salah satu aspek yang paling menarik dari BionicOpter adalah bahwa robot itu dapat dikontrol melalui smartphone, dengan aspek pengendalian yang mirip dengan helikopter RC mainan. Penasaran? Berikut video demo robot BionicOpter Dragonfly.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda