Scroll to Top

Penipuan Berkedok Operator Selular Mulai Marak

By Ditya / Published on Tuesday, 02 Apr 2013

Penipuan

Penipuan yang berkedok nama operator selular kini mulai marak di Tanah Air. Anda pernah mendapatkan sebuah SMS dari nomor tak dikenal yang memberitahukan bahwa Anda memenangkan hadiah dari program promosi operator tertentu? Jangan langusung percaya, hubungi customer service resmi operator yang bersangkutan untuk memastikan hal tersebut.

Penipu itu biasanya memberitahukan ‘kemenangan’ pengguna melalui sebuah pesan singkat atau SMS melalui nomor tak dikenal dan mencantumkan sebuah situs dan contact person agar lebih meyakinkan. Pengguna akan diminta untuk mentransfer sejumlah uang sebagai pajak undian atau biaya balik nama.

“Sebenarnya, pemerintah dan penyelenggara undian pada umumnya sudah menerapkan pajak undian ditanggung penyelenggara sehingga mempersempit ruang gerak penipu,” kata Alfons Tanujaya, dari Vaksincom.

penipuan 2

Penipu tersebut biasanya menggunakan dua nama operator besar di Tanah Air, yakni Telkomsel dan Indosat, serta mencantumkan alamat situs untuk menunjukkan bahwa korban memang telah ‘memenangkan’ hadiah undian yang diselenggarakan oleh penipu.

Tak hanya itu, situs yang biasanya dicantumkan oleh penipu menggunakan hosting gratis dari wordpress.com dan blogspot.com yang biasanya digunakan oleh blogger. Penipu juga mendesain tampilan situs resmi palsu tersebut agar terlihat meyakinkan bahwa itu adalah situs resmi operator.

Pengguna yang mungkin cukup berpengalaman tak akan percaya dengan situs tersebut. Tentu perusahaan besar sekelas Telkomsel dan Indosat tak akan menggunakan hosting gratis dari blogspot dan wordpress untuk mengumumkan pemenang hadiah dalam sebuah program promosi.

Seperti yang dilansir dari Kompas (02/04/2013), pengguna sebaiknya berhati-hati dengan SMS yang mengatasnamakan operator yang mengumumkan pemenang undian. Pengguna yang ragu, segera menghubungi customer service atau gerai resmi operator yang bersangkutan untuk memastikan hal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda