Scroll to Top

Lenovo akan Rancang Prosesor Sendiri?

By Ditya / Published on Tuesday, 02 Apr 2013
Lenovo IdeaPhone
Lenovo IdeaPhone A690, A800, dan P770

Lenovo dikabarkan akan merancang prosesor sendiri untuk digunakan pada produk smartphone dan tablet besutannya. Kabar ini muncul ke permukaan setelah Lenovo ditolak oleh Samsung untuk menggunakan chipset Exynos 5 untuk produk besutannya.

Seperti yang kita ketahui, sebagian besar produk smartphone Lenovo menggunakan chipset buatan produsen asal Taiwan, yakni MediaTek. Tahun 2011 lalu, Lenovo mulai menggunakan MediaTek 6573, tahun 2012 hingga tahun ini Lenovo menggunakan chipset MediaTek MT6575 dan Mediatek MT6577 untuk jajaran smartphone.

Tak lupa, Lenovo juga mencoba peruntungan dengan menggunakan prosesor Intel Atom Meldfield Z2580 untuk smartphone Lenovo K900. Produsen asal China ini juga menggunakan chipset Samsung Exynos 4 untuk diematkan pada smartphone kelas atas seperti Lenovo K860. Sayangnya, Lenovo ditolak Samsung untuk menggunakan chipset Exynos 5.

Lalu, mengapa Samsung menolak? Hal ini karena faktor pangsa pasar di China, dimana posisi pertama ditempati oleh Samsung dan posisi kedua diduduki oleh Lenovo. Jadi jelas, Lenovo dianggap pesaing utama Samsung di pasar smartphone China, sehingga menolak akses Lenovo untuk chipset Exynos 5.

Menurut sebuah sumber anonim, Lenovo saat ini tengah bersiap untuk merancang chipset dan prosesor sendiri untuk tablet dan smartphone besutannya. Lenovo telah mempekerjakan sepuluh orang dalam tim IC kecil selama sepuluh tahun terakhir. Tapi sekarang perusahaan berkomitmen untuk memperluas tim ini untuk sekitar 100 insinyur.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (02/04/2013), selain Lenovo, LG dikabarkan juga akan merancang chipset prosesor sendiri. Sementara itu, Huawei yang juga produsen asal China malah telah sukses membuat chipset prosesor sendiri dengan label HiSilicon.

Jika Lenovo mampu membuat prosesor sendiri, tentu saja harga smartphone dan tablet buatannya akan semakin kompetitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda