Scroll to Top

Timnas Indonesia: Ini Alasan Bambang Pamungkas Gantung Sepatu!

By Aditya / Published on Wednesday, 03 Apr 2013

Bambang Pamungkas Timnas

Tanpa diduga, Timnas Indonesia telah kehilangan sosok ikon sekaligus pemimpin. Bambang Pamungkas, sang legenda hidup tim Garuda, membuat keputusan mengejutkan dengan menyatakan pensiun dari timnas. Tentunya pernyataan mundur Bepe ini menjadi kabar yang mengejutkan. Lantas, apa yang menjadi alasan Bambang Pamungkas gantung sepatu dari Timnas Indonesia?

Melalui situs pribadinya, eks kapten timnas dan Persija Jakarta yang lekat dengan nomor 20 ini membeberkan panjang lebar mengenai pengunduran dirinya dari Timnas Indonesia. Dalam artikel yang diposting pada 1 April 2013 dengan judul “Saya Adalah Generasi yang Gagal” tersebut Bepe mengungkapkan bahwa rencana pensiun dari timnas sudah cukup lama direncanakan, yakni ketika ia memperkuat tim Merah-Putih di ajang AFF Cup 2012 silam.

”Bagi mereka yang memperhatikan penampilan saya di perhelatan Piala AFF 2012, maka sejatinya ada hal yang tidak biasa tersaji di sana. Ketika itu pada detik-detik terakhir, saya memutuskan untuk menggunakan nama PAMUNGKAS daripada BAMBANG seperti yang biasa saya kenakan di jersey tim nasional saya,” ungkap Bepe di situs bambangpamungkas20.com.

”Tentu hal tersebut bukan tanpa alasan. Dalam bahasa Indonesia, kata ’pamungkas’ memiliki arti ’menjadi yang terakhir’. Maka begitu pula dengan perjalanan karier saya bersama tim nasional. Saat itu saya memutuskan bahwa pagelaran Piala AFF 2012 akan menjadi penampilan resmi terakhir saya, bersama tim nasional Indonesia,” lanjutnya.

Konflik berkepanjangan yang melanda persepakbolaan Indonesia menjadi salah satu alasan kuat mengapa Bepe memutuskan gantung sepatu dari timnas. Ditambah lagi, lanjut Bepe, di lini depan Timnas Indonesia sekarang telah dihuni oleh banyak striker berkualitas yang berusia lebih muda darinya.

”Dengan segala dinamika dan pergolakan yang terjadi dalam sepakbola Indonesia, selama dua tahun terakhir, membuat saya merasa yakin, jika sekarang adalah saat yang tepat bagi saya untuk melakukannya. Lagipula, dengan nama-nama mumpuni di barisan depan tim nasional Indonesia saat ini, rasanya tenaga saya sudah tidak lagi terlalu dibutuhkan,” tutur top skor Timnas Indonesia sepanjang masa ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda