persib gol 2013 kenji sergio van dijk ridwan utina

Jelang laga berat melawan tuan rumah Persib yang akan digelar di Stadion Siliwangi pada Rabu, tanggal 3 April 2012, Barito Putra tampaknya harus berpikir keras untuk berusaha tidak kalah di kandang Maung yang memang terkenal angker. Pelatih Barito Putera, Salahudin, pun telah menyiapkan strategi khusus dan mewaspadai sejumlah pilar Persib Bandung. Siapa saja?

Salahudin menilai, kekuatan utama tim Pangeran Biru di kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim ini adalah di sektor tengah, terutama sayap, dan lini depannya yang diisi sejumlah bomber berkualitas. Apalagi setelah Persib sukses memboyong striker tersubur ketiga di Liga Australia, yakni Sergio van Dijk.

Oleh karena itu, Barito Putera akan berusaha mematikan pergerakan pemain sayap Persib Bandung yang memang dikenal memiliki kecepatan dan skill mumpuni. Posisi wing back tim Maung Bandung kerap dipercayakan kepada Supardi yang beroperasi di sisi kanan, dan Tony Sucipto di sektor kiri. Kedua bek sayap ini turut menjadi bagian dalam skuat Timnas Indonesia saat menghadapi Arab Saudi beberapa waktu lalu.

Tak hanya kuat di sayap belakang. Sisi kanan dan kiri barisan tengah Persib Bandung pun dihuni oleh para pemain yang tak perlu lagi diragukan kemampuannya. Sayap kanan Persib menjadi wilayah kekuasaan M. Ridwan. Anggota Timnas Indonesia ini pastinya akan bermain solid dengan Supardi karena keduanya pernah cukup lama bekerjasama saat masih memperkuat Sriwijaya FC.

Sedangkan di sektor kiri, pelatih Jajang Nurjaman biasanya menempatkan sang kapten, Atep, kendati bisa juga bergantian dengan sejumlah gelandang lainnya, seperti Firman Utina atau Mbida Messi.

Barisan depan Persib Bandung tak kalah gahar. Nama-nama top seperti Herman Dzumafo Epandi, Kenji Adachihara, Airlangga Sutjipto, dan tentunya Sergio van Dijk selalu berpotensi menjadi ancaman bagi gawang tim manapun. Oleh karena itu, Barito Putera akan memberi perhatian khusus terhadap Sergio van Dijk yang telah mencetak 7 gol dari 7 laga.

“Disiplin penjagaannya harus ketat. Kita pun akan mematikan sayap mereka dan menjaga Sergio van Dijk dengan ketat supaya tidak bebas bergerak saat mendapatkan bola,” tandas Salahudin.