Scroll to Top

Windows Phone Mulai Libas BlackBerry dan Symbian

By Ditya / Published on Wednesday, 03 Apr 2013

Nokia Lumia

Smartphone dengan sistem operasi Windows Phone tampaknya sudah mulai berkembang dan semakin kuat di pasar smartphone. Sistem operasi besutan Microsoft ini bahkan dilaporkan mulai melibas BlackBerry dan Symbian di beberapa negara, seperti Inggris dan Amerika Serikat.

Sebelumnya sempat diberitakan bahwa salah seorang petinggi Microsoft merilis pernyataan bahwa Windows Phone telah melampaui BlackBerry di beberapa negara. Pernyataan ini ternyata bukan sekedar isapan jempol belaka, meski awalnya sempat diragukan kebenarannya. Windows Phone dilaporkan menguasai 6,7% pasar smartphone menurut analisa firma Kantar.

Pangsa pasar Windows Phone mengalami kenaikan, sedangkan BlackBerry dan Symbian mengalami penurunan. Hal ini paling terasa di pasar smartphone Inggris, dimana Windows Phone terus meningkat, sedangkan BlackBerry mengalami penurunan secara drastis dari posisi ketiga dengan 16,8 persen, kini menurun ke posisi empat dengan hanya menguasai 5,1%.

Padahal, Inggris adalah negara yang pertama kali mendapat jatah rilis BlackBery Z10 yang pada awal peluncurannya sempat laris. Kabar terakhir menyebutkan bahwa smartphone berbasis BlackBerry 10 tak cukup aman bagi pemerintah Inggris.

Sedangkan di Amerika Serikat, smartphone Windows Phone menguasai 4,1% pasar smartphone, meningkat dari 2,7% dari periode lalu. Sedangkan Symbian di Amerika Serikat mengalami penurunan dari 3,6%, kemudian turun ke 0,7%, dan akhirnya kini hanya menguasai 0,1%. Hal ini wajar, mengingat Nokia telah berpaling ke Windows Phone dan meninggalkan Symbian.

Seperti yang dilansir dari Telegraph (02/04/2013), meski Windows Phone mulai mengalami peningkatan, Android dan Apple iOS sampai saat ini masih mendominasi. iOS menguasai 43,5% dan Android menguasai 51,2% pasar smartphone AS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda