Scroll to Top

Apple Digugat Gara-gara Nama EarPod

By Ditya / Published on Wednesday, 03 Apr 2013
Apple EarPod
Apple EarPod

Apple kembali digugat, kali ini perusahaan asal Cupertino ini digugat oleh sebuah perusahaan alat bantu dengar gara-gara nama earphone terbaru Apple yang bernama EarPod ini terlalu mirip dengan produk besutan perusahaan tersebut yang diketahui mengusung nama Hearpod.

Perusahaan berlogo buah apel ini tampaknya tak pernah sepi gugatan dan perang paten. Gugatan mengenai nama EarPod ini menambah panjang daftar perang paten yang dilalui Apple. Perusahaan pembesut tablet iPad ini sebelumnya terlibat perang paten yang cukup seru dengan HTC dan Samsung dan kemudian dengan sebuah perusahaan asal Brasil terkait nama iPhone.

Kini, perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook ini digugat oleh perusahaan yang memproduksi alat bantu dengar, yakni Randolph Division dan Hearpod Inc. Perusahaan tersebut menggugat Apple terkait penggunakan nama EarPod yang terlalu mirip dengan HearPod yang berpotensi membingungkan.

EarPod sendiri adalah earphone terbaru Apple yang mengusung desain unik dan pertama kali diperkenalkan bersama dengan smartphone iPhone 5 tahun lalu. EarPod akan menjadi earphone standar produk-produk Apple lain, seperti iPod dan iPad.

Gugatan terhadap Apple diajukan di pengadilan distrik Hawaii. Hearpod Inc sendiri yang telah mendaftarkan nama Hearpod pada tahun 2005 ini mengaku bahwa pihaknya telah menghabiskan US $625.000 untuk mempromosikan nama dan merk Hearpod dan mampu menghasilkan penjualan sebesar US $1,7 juta.

Hearpod ingin Apple menghentikan penjualan EarPod dan membayar ganti rugi terhadap perusahaan tersebut. Sayangnya, perusahaan yang berbasis di Cupertino ini tak segera menanggapi gugatan yang diajukan oleh perusahaan yang bernama Hearpod Inc tersebut.

Seperti yang dilansir dari CNET (02/04/2013), Apple sendiri sebelumnya pernah mendapat gugatan terkait produk earphone besutannya pada tahun 2006 lalu. Kini, hal tersebut kembali terulang dengan materi gugatan yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda