Scroll to Top

Baidu Eye, Pesaing Google Glass dari China

By Ditya / Published on Wednesday, 03 Apr 2013

Google Glass

Mesin pencari nomor satu di China, Baidu, dikabarkan tengah mengembangkan kacamata pintar pesaing Google Glass dengan nama Baidu Eye. Kabar ini berasal dari sebuah media China yang mengatakan bahwa saat ini Baidu sedang mengembangkan perangkat mirip Google Glass dengan sebutan Baidu Eye.

Tampaknya kehadiran Project Glass yang kemudian menjadi Google Glass ini menjadi sebuah tren gadget augmented reality di masa mendatang. Beberapa produsen seperti Apple dan Sony juga dikabarkan tengah mengembangkan perangkat sejenis Google Glass. Kini, Baidu pun tak mau kalah dengan menghadirkan Baidu Eye.

Sebuah sumber anonim telah mengatakan pada situs berita China, Sina.com, bahwa saat ini Baidu sedang mengembangkan kacamata canggih yang mengusung nama Baidu Eye yang memiliki kemampuan tak jauh beda dengan Google Glass.

Sumber tersebut juga mengatakan bahwa Baidu Eye juga dilengkapi dengan teknologi yang mirip dengan Google Glass, sebut saja voice controlled, image recognition, dan bone sensing untuk mendengarkan suara melalui tulang.

Tak hanya itu, prototipe Baidu Eye ini kabarnya juga telah dilengkapi dengan kemampuan telepon, sehingga pengguna dapat menggunakan Baidu Eye untuk telepon, browsing web, menggunakan gesture untuk mengirim dan mengambil foto, tak kalah canggih dengan Google Glass.

Perangkat Baidu Eye ini nantinya akan memiliki platform terbuka bagi para pengembang untuk mengembangkan aplikasi yang bermanfaat untuk Baidu Eye. Hal yang sama juga telah dilakukan oleh Google Glass.

Seperti yang dilansir dari CNET (02/04/2013), Baidu dikabarkan menggandeng Qualcomm untuk mengembangkan Baidu Eye dan perangkat ini mampu digunakan hingga 12 jam. Sayangnya, Qualcomm tidak memberikan komentar tentang Baidu Eye ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda