Scroll to Top

PANDI Rilis Desa.id, Domain Khusus Pedesaan

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 03 Apr 2013

Internet

Kini desa sebagai wilayah pemerintahan termikro bakal miliki domain sendiri. Sebelumnya desa tak bisa gunakan domain ‘go.id’ sebab hanya tersedia untuk tingkatan kabupaten serta kota. Pada 1 Mei nanti perangkat desa bisa menggunakan domain ‘Desa.id’ yang akan dirilis oleh PANDI.

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) bakal meluncurkan Domain Tingkat Dua (DTD) baru yakni ‘Desa.id’. Domain ini bisa digunakan bagi entitas desa yang belum miliki domain sendiri.

Domain ‘Desa.id’ sendiri sejatinya adalah ususlan murni dari masyarakat. Mereka menyuarakan keinginan yang menginginkan domain tersendiri di wilayah desa pada PANDI.

Relawan Desa Nusantara (RPDN) dan Gerakan Desa Membangun (GDM) adalah pengusul keberadaan tersebut. Pada 15-27 April 2013 PANDI akan lakukan tahap pra-regristasi.

“Tahapan ini adalah hal lazim dilakukan sebelum merilis domain baru,” ujar Andi Budimansyah, Ketua Umum PANDI.

Ia menambahkan jika semua desa akan miliki kesempatan yang sama untuk memeroleh sebuah nama domain baru di tahapan pra-regristasi sebelum berlaku sistem first come first serve.

“Pra-registrasi menjamin semua desa memiliki kesempatan yang sama untuk mendaftarkan sebuah nama domain sebelum diberlakukan prinsip pendaftar pertama atau yang biasa disebut sebagai first come first serve,”ujarnya.

Keberadaan domain ‘Desa.id’ diharapkan bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan konten di Indonesia khususnya dan dari desa khususnya. Konten demikian diharapkan bisa berkecambah dank has daripada di perkotaan.

“Kami berharap akan muncul konten-konten khas yang berbeda dengan konten saat ini yang didominasi perkotaan,” pungkas Ketua PANDI seperti dikutip dari Kompas Rabu (03/04/13).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda