Scroll to Top

Ketahui Tanda Awal Menopause Dini

By C Novita / Published on Wednesday, 03 Apr 2013

menopause dini

Menopause adalah berakhirnya masa reproduksi seorang wanita, yang ditandai dengan berhentinya siklus menstruasi bulanan. Masa menopause bisa jadi sangat menakutkan bagi wanita sebab itu berarti mereka sudah tak dapat lagi memiliki seorang anak.

Bagi wanita yang telah memiliki anak, dan usianya telah mencapai 40-an, mungkin hal tersebut tak jadi masalah. Yang mengejutkan adalah apabila datangnya masa menopause terlalu awal atau menopause dini, yaitu di usia 20-30 an tahun.

Hal tersebut kini banyak terjadi pada masyarakat urban dipengaruhi oleh berbagai hal seperti gaya hidup, stres pekerjaan, dan berbagai masalah lain.

Karenanya, penting bagi Anda untuk mengenali tanda awal terjadinya menopause dini, agar bisa dicegah dengan terapi hormon dan dicari penyebabnya.

  • Keringnya vagina. Pada usia produktif, vagina yang normal akan sangat mudah mengeluarkan cairan lubrikasi. Namun bila kenyataannya vagina Anda kering dan sulit mengeluarkan cairan tersebut, maka bisa jadi anda sedang menuju ke awal menopause.
  • Panas. Jika Anda kerap merasa kepanasan yang tidak sewajarnya, atau telinga Anda terasa terbakar, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi pada dokter Anda.
  • Perubahan mood. Perubahan mood yang terjadi sangat cepat, melankolis, dan terasa hampa, biasanya terjadi pada masa awal menopause. Kadang disertai dengan depresi dan putus asa.
  • Sulit tidur. Wanita yang mengalami menopause dini juga kerap mengalami kesulitan tidur, perubahan pola tidur, dan berpengaruh terhadap produktivitas mereka.
  • Gairah menurun. Gairah seks yang menurun juga merupakan tanda-tanda awal menopause
  • Menstruasi tak teratur. Biasanya siklus menstruasi mulai tak teratur, jarang, dan lama kelamaan menjadi berhenti.

 

Sumber Boldsky

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda