Scroll to Top

Telepon Seluler Genap Berusia 40 Tahun

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 04 Apr 2013
Martin Cooper
Martin Cooper

Kemarin, Rabu 3 April 2013, ponsel atau telepon seluler atau kerap pula disebut handphone, mobile phone, atau hp, telah genap berusia 40 tahun. Ponsel ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1973 oleh Martin Cooper.

Ia adalah seorang peneliti di Motorola. Pada 3 April 1974, Martin Cooper lakukan panggilan pertama via ponsel seukuran genggaman tangannya ke Dr Joel S, Engel dari Bell Labs. Menariknya Bell Labs kala itu juga berlomba untuk membuat ponsel pertama.

“Banyak warga New York terheran heran melihatnya saat saya pertama kali mencobanya di tahun 1973,” ujar Martin Cooper.

Kala itu ia gunakan ponsel jenis Motorola DynaTAC yang miliki berat sekitar satu kilogram. Coba Anda bayangkan betapa repotnya Martin Cooper membawa dan menggenggam ponsel super gede kala itu.

“Hal yang paling membahayakan dalam hidup saya saat menyeberang jalan sambil melakukan panggilan ke wartawan,” ujarnya.

Meski ditemukan tahun 1973, Motorola membutuhkan waktu 10 untuk merilis Motorola DynaTAC ke pasaran di tahun 1983. Ponsel tersebut adalah mobile phone pertama yang dijual di pasaran secara komersil.

Jika merunut teknologi ponsel kita bisa menelusuri banyak hal. Tahun 1992 SMS pertama telah dikirimkan. Tahun 1994, Tetris menjadi game pertama di ponsel. Tahun 1997, teknologi mobile payment diperkenalkan dan pada tahun 2004, ponsel ber-WiFi meluncur.

Kini teknologi telepon seluler semakin tak terbendung. Selain sebagai media telekomunikasi, ponsel sudah menjelma sebagai produk canggih. Lihat saja bagaimana persaingan ketat dari pabrik-pabrik ponsel macam Apple, Samsung, Blackberry, Nokia, dan lainnya. Mungkin Martin Cooper tidak membayangkan teknologi mobile phone bisa secepat ini kemajuannya progresnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda