Scroll to Top

Jumlah Gadget di Indonesia Melebihi Total Populasi Penduduk

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 04 Apr 2013

Populasi Manusia

Jumlah gadget yang beredar di Indonesia saat ini mencapai 240 juta. Angka ini melebihi jumlah penduduk di tanah air yang hanya di kisaran 230 juta. Secara total, tingkat penggunaannya mencapai 67%.

Menurut Freddy H. Tulung di Pontianak selaku Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Pulau Jawa mendominasi kememilikan smartphone dengan rata-rata dua gadget per orang.

“Proporsi kepemilikan gadget, terutama berbentuk smartphone terbanyak di Pulau Jawa, di mana rata-rata satu orang mempunyai dua gadget, sedangkan akses telekomunikasi kini telah mencapai di wilayah pedesaan,” ujarnya.

Meski sudah menjamah pedesaan, sayangnya ini tidak diimbangi dengan kesiapan sosial dan budaya. Celakanya justru menuju ke arah hiburan yang bersifat pribadi.

“Kecepatan pembangunan infrastruktur dan ekonomi tidak mampu mengimbangi pemanfaatannya untuk meningkatkan kesejahteraan, namun lebih ke fungsi-fungsi hiburan yang sifatnya pribadi,” lanjutnya.

Masyarakat masih mengandalkan televisi sebagai media utama dibanding media lain untuk mengakses informasi. Smartphone ada di posisi kedua dan radio di tempat ketiga.

Sedangkan untuk demografi, pengguna rata-rata berusia dibawah 34 tahun. Mereka kerap mengakses internet di rumah, mobile, hingga di kafe. Lantas bagaimana soal konten, apa yang dikomsumsi masyarakat?

“Banyak yang mengandung unsur radikalisme, kekerasan, pornografi, mistis, hedonisme, konsumerisme, sinisme, pesimisme dan narsisme,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda