Scroll to Top

Apple iPad Kini Genap Berusia 3 Tahun

By Ditya / Published on Thursday, 04 Apr 2013

iPad Mini pre order

Jika saat ini ponsel telah genap berusia 40 tahun, tablet Apple iPad kini telah genap berusia 3 tahun. Tablet besutan perusahaan yang berbasis di Cupertino ini pertama kali diluncurkan pada 3 April 2010. Siapa sangka, kini iPad menjadi pionir tablet modern yang menginspirasi tablet PC masa kini.

iPad memang bukan tablet pertama yang hadir di pasar, tapi tablet besutan Apple ini adalah pionir tablet modern. Sebelum munculnya iPad, tablet PC sebenarnya telah ada dan kurang populer. Sebagaian besar tablet sebelum iPad memang mengusung desain yang kaku dan didukung dengan sistem operasi Windows XP Tablet Edition.

Apple kemudian membuat konsep tablet yang lebih murah dibanding tablet berbasis Windows tersebut dan merancang sistem operasi yang touch-friendly yang intuitif, yakni Apple iOS yang juga digunakan pada iPhone. Meski awalnya banyak yang meragukan kesuksesan iPad, tapi kini tablet ini begitu populer.

iPad generasi pertama awalnya hadir dalam versi WiFi saja dan ditenagai oleh prosesor Apple A4 single-core dengan kecepatan 1GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 256MB. Tablet iPad ini pertama kali diperkenalkan pada 27 Januari 2010 dan mulai dijual pada bulan April 2010. Kemudian dirilis iPad versi 3G di bulan yang sama.

Bandingkan dengan iPad generasi keempat yang ada saat ini yang mengusung layar Retina berukuran 9,7 inci dengan resolusi 2048 x 1536 piksel. Dapur pacu iPad generasi keempat ini pun meningkat drastis, yakni ditenagai oleh prosesor Apple A6X dual-core dengan kecepatan 1,4GHz yang dipadukan dengan memori RAM 1GB.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (03/04/2013), saat ini juga telah hadir iPad dengan ukuran layar yang lebih kecil, yakni iPad Mini. Kehadiran iPad Mini ini ditujukan untuk bersaing dengan tablet Android kelas menengah, seperti Amazon Kindle Fire dan Nexus 7.

Kini, desas-desus kehadiran iPad 5 dan iPad Mini 2 juga sudah mulai berhembus. Seperti apakah spesifikasi mereka? Kita tunggu saja rilisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda