Scroll to Top

Timnas Indonesia Masih Butuh Bambang Pamungkas!

By Aditya / Published on Thursday, 04 Apr 2013

Bambang Pamungkas Timnas Indonesia

Keputusan Bambang Pamungkas yang menyatakan gantung sepatu dari Timnas Indonesia masih mengejutkan banyak pihak. Sosok Bepe selama ini memang lekat sebagai salah satu ikon tim Garuda yang paling patut diteladani, selain juga karena karakter, sumbangsih, dan catatan pribadinya selama memperkuat timnas di level senior sejak tahun 1999 yang cukup mentereng. Apakah Timnas Indonesia masih butuh Bambang Pamungkas?

Jawabannya boleh jadi iya, namun bukan kemudian “memaksakan” Bepe untuk kembali membela Timnas Indonesia sebagai pemain, melainkan sebagai mentor bagi para pemain muda di negeri ini. Sosok Bambang Pamungkas dengan seabrek pengalaman dan prestasinya memang masih dibutuhkan untuk memajukan persepakbolaan nasional.

Hal tersebut diungkapkan oleh Muhammad Larico Rangga Mone, Ketua Umum The Jakmania, wadah suporter Persija Jakarta. Selain menorehkan nama besar di Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas juga menjadi ikon sekaligus legenda hidup bagi tim Macan Kemayoran.

“Bepe merupakan ikon Persija dan The Jakmania. Karena itu, Bepe sebisa mungkin harus tetap dekat dengan dunia sepakbola. Dengan begitu, Bepe bisa menjadi mentor bagi para pemain usia muda yang memperkuat timnas,” harap Muhammad Larico Rangga Mone di Jakarta belum lama ini.

Bomber yang lekat dengan nomor 20 itu memang telah menyatakan pensiun dari Timnas Indonesia yang disampaikan lewat artikel yang ditulis di web pribadinya dengan judul ”Saya Adalah Generasi yang Gagal”.

“Saya mengawali 13 tahun karir saya bersama tim nasional dengan sebuah harapan besar, dan mengakhirinya dengan sebuah kemenangan besar. Sebuah kemenangan dari segala bentuk pemaksaan kehendak terhadap diri saya. Kemenangan dari saya atas nama sebuah kebebasan untuk mengungkapkan pendapat, menentukan sikap, serta bertindak atas nama sebuah hal yang saya yakini akan kebenarannya,” tulis Bepe di tulisannya yang diunggah pada 1 April 2013 itu.

Bambang Pamungkas lahir di Salatiga, Jawa Tengah, pada 10 Juni 1980. Saat ini, ia masih tercatat sebagai top skor Timnas Indonesia dan pengoleksi caps timnas terbanyak, yakni mencetak 44 gol dan 96 penampilan. Karir Bepe di tim Merah-Putih sudah dimulai sejak ia memperkuat Timnas Indonesia U-19 dan Timnas Indonesia U-23 sebelum naik ke timnas senior dan cukup lama mengemban jabatan sebagai kapten tim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda