Scroll to Top

Servo, Mesin Browser Baru Besutan Mozilla & Samsung

By Ditya / Published on Thursday, 04 Apr 2013

Mozilla

Samsung dan Mozilla mengumumkan bahwa mereka bekerjasama untuk mengembangkan mesin browser baru yang disebut dengan Servo. Mesin browser Servo ini diklaim sebagai mesin browser “next generation” yang canggih untuk browser masa depan.

Lalu, apa sebenarnya yang disebut dengan mesin browser? Mesin browser sendiri adalah sebuah perangkat lunak inti dari browser yang bertugas untuk merender web, sebagai contoh, browser Chrome dan Safari menggunakan mesin browser WebKit, Firefox menggunakan mesin browser Gecko, sedangkan Opera menggunakan Presto.

Mozilla dan Samsung kini bekerjasama untuk mengembangkan mesin browser baru yang diklaim cukup canggih dengan nama Servo. Mesin browser Servo ini nantinya akan digunakan untuk browser pada perangkat dengan sistem operasi Android.

Servo dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Rust. Nama Rust mungkin terdengar agak asing, tapi Rust adalah bahasa pemrograman baru yang dikembangkan oleh Mozilla. Kode sumber mesin browser ini kabarnya telah tersedia di Github untuk versi rilis yang masih sangat awal.

Sampai saat ini masih belum banyak informasi mengenai detail mesin browser Servo besutan Mozilla dan Samsung ini. Mesin browser Servo ini diharapkan memiliki kelebihan atau kemampuan yang lebih baik dibandingkan mesin browser yang ada saat ini, seperti WebKit, Presto, dan Gecko.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (03/04/2013), kerjasama antara Mozilla dan Samsung untuk mengembangkan Servo ini cukup tepat. Mozilla berperan untuk menghadirkan bahasa pemrograman Rust untuk Servo, dan Samsung telah memiliki pengalaman yang cukup di Android dan ARM.

Sayangnya, tak diketahui apakah mesin browser Servo ini akan dikembangkan untuk PC desktop berbasis Windows atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda