Scroll to Top

Tips Merawat Busana Sutra

By Ilham Choirul / Published on Friday, 02 Sep 2011

Busana berbahan sutra menjadi simbol kemewahan bagi pemiliknya. Seratnya yang halus, bahkan memiliki komposisi yang menyerupai rambut manusia. Dia juga bersifat antidebu dan antinoda. Jadi cukup mudah membersihkan kotoran yang menempel.

Meski memiliki beragam keistimewaan, perawatan sutra tetap memerlukan perhatian khusus agar tidak rusak. Dry cleaning adalah salah satu cara yang bisa diambil. Namun, pastikan busana sutra Anda tidak tercampur busana lain yang berkain kasar. Karena, itu bisa merusak busana sutra Anda. Katakan hal tersebut kepada penyedia jasa laundry.

Jika ingin menanganinya sendiri, sebenarnya Anda juga mampu. Saat mencuci busana sutra, gunakan tangan Anda untuk mengusapnya dengan lembut. Mesin cuci dan perendaman akan membuat sutra rusak. Anda bisa memakai sampo tanpa minyak (petroleum) sebagai pengganti detergen. Air hangat bisa dipakai untuk mengkilapkan pelapis sutra.

Saat akan menjemur, jangan sampai memerasnya. Sutra bisa dikeringkan dengan menggulungnya dengan handuk dan membiarkan airnya meresap. Setelah itu, cukup dianginkan di tempat yang teduh. Hindari sinar matahari yang hanya akan membuatnya menguning.

Menyeterika sutra juga ada aturannya. Lapisi sutra dengan kain katun sebelum menumpuknya dengan besi panas seterika. Cukup pakai tingkatan panas paling kecil. Hati-hati pada penggunaan seterika uap. Karena, dapat meninggalkan bekas permanen di sutra. Mudah bukan perawatannya?

Terakhir, urusan penyimpanan, gunakan sarung bantal berbahan katun untuk menyimpan sutra. Tujuannya, agar sutra tetap bisa bernafas, tidak lembab dan berjamur. Katun berserat alami dan memiliki pori.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda