Scroll to Top

PSSI Abaikan IPL, Klub-klub Ini Terancam Bubar!

By Aditya / Published on Friday, 05 Apr 2013

Logo IPL

KLB PSSI yang telah dihasilkan pada tanggal 17 Maret 2013 silam dinilai tidak mengakomodasi kepentingan klub-klub peserta Indonesia Premier League (IPL). Bahkan, PSSI dengan formasi terbarunya dituding mengabaikan alias tidak peduli terhadap nasib tim-tim IPL. Akibatnya, sejumlah tim yang berlaga di kompetisi lanjutan dari Liga Prima Indonesia (LPI) bikinan pengusaha Arifin Panigoro tersebut terancam bubar.

Beberapa tim IPL yang mungkin akan gulung tikar antara lain Persema Malang, Arema Indonesia, Persibo Bojonegoro, dan PSMS Medan. Bahkan, Persija Jakarta yang berlaga di IPL (Persija IPL) telah menyatakan bubar sejak tanggal 24 Maret 2013 silam karena merasa tidak mampu bermain di kompetisi yang masa depannya tidak pasti.

“Kami jadi malas bertanding karena KLB PSSI membuat masa depan tim tidak jelas. Kami sudah tidak lagi latihan sejak 24 Maret 2013. Semua pemain dan pelatih juga sudah kami pulangkan,” jelas CEO Persija IPL, Bambang Sutjipto, Kamis (4/4/2013), di Jakarta.

Selain Persija IPL, Arema Indonesia (Arema IPL) juga sempat dibubarkan kendati kemudian dibentuk lagi dengan komposisi manajemen baru serta pemain dan jajaran pelatih yang baru pula. Sedangkan Persema Malang sempat dinyatakan kalah tanpa bertanding karena tidak datang ke kandang PSM Makassar untuk melakoni laga IPL.

Adapun Persibo Bojonegoro, PSMS Medan, dan banyak tim IPL lainnya yang hingga saat ini masih mengalami krisis keuangan sehingga sangat berat untuk melanjutkan kompetisi hingga selesai, sedangkan nasib mereka di penyatuan kompetisi musim depan juga tidak menentu.

“Secara finansial, kami juga sudah tidak kuat. Operasional klub pakai uang pribadi karena pihak konsorsium sudah tidak mengucurkan dana. Janji PT LPIS memberikan profit sharing Rp 2,5 miliar sampai Rp 5 miliar juga tidak ada kejelasannya. Kini nasib Persija (IPL) kami serahkan kepada PT LPIS dan PSSI,” keluh Bambang Sutjipto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda