Scroll to Top

Dalam 15 Menit, Mutasi Gen Penyebab Kanker Terjadi Usai Merokok

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 04 Sep 2011

Lagi-lagi keburukan rokok bagi tubuh terungkap. Penelitian terhadap 12 perokok di Amerika, menyatakan, rokok mampu memberikan kerusakan gen yang berhubungan dengan terjadinya kanker. DNA akan mengalami mutasi penyebab kanker, akibat terpapar zat phenanthrene yang ada dalam asap rokok. Zat ini cukup meracuni DNA yang terdapat pada inti sel manusia. Asap rokok juga mengandung polutan PAH (polycyclic aromatic hydrocarbons), seperti yang yang terdapat pada pembangkit listrik tenaga batu bara.

Hasil yang membuat para peneliti terkejut adalah masa terjadinya mutasi genetik tersebut pasca-merokok. Tidak perlu waktu lama. Hanya 15-30 menit setelah aktivitas merokok berhenti, racun rokok segera bereaksi merusak gen dalam tubuh. Setiap hisapan rokok membahayakan gen. Risiko kanker juga semakin besar.

“Dampaknya sangat cepat sehingga sama dengan menyuntikkan zat itu langsung ke dalam aliran darah,” kata hasil riset itu.  Penelitian ini didanai National Cancer Institute yang termuat dalam jurnal kajian Chemical Research in Toxicology, diterbitkan American Chemical Society.

Stephen Hecht, pemimpin penelitian, mengatakan, temuan ini sebaiknya dijadikan perhatian bagi perokok maupun orang yang ingin menjadi perokok, agar mereka segera menjauhi batang tembakau berbahaya ini. Sekitar 90 persen kematiian akibat kanker paru-paru, disebabkan oleh rokok. Dan, ada 3.000 orang di seluruh dunia, meninggal setiap harinya akibat rokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda