Scroll to Top

PSSI Serahkan Dualisme Klub Pada Pemegang Saham!

By Agus Prasetyo / Published on Friday, 05 Apr 2013

Djohar Arifin dan La Nyalla

Menanggapi klub yang dilanda dualisme, PSSI melalui La Nyalla Mattalitti berpendapat jika masalah tersebut akan lebih baik apabila langsung diselesaikan oleh para pemegang saham.

Dengan kata lain La Nyalla ingin menegaskan, jika PSSI sejatinya tidak bisa terlalu ikut campur mengatasi problem ini.

La Nyalla mengatakan meski PSSI adalah induk tertinggi sepakbola nasional, namun tidak memiliki kebijakan mengatur masalah dualisme klub.

“Jangankan PSSI, FIFA juga tidak mengatur soal itu (penggabungan atau merger klub)” ungkap La Nyalla, seperti yang dilansir Liputan6.

Wacana merger memang akhir-akhir ini muncul kembali, menyusul keputusan unifikasi liga pada 2014 berdasarkan hasil KLB PSSI pada 17 Maret 2013.

Sejumlah klub yang terlibat dualisme dan berlaga di kompetisi Indonesia Premier League (IPL), antara lain Persebaya 1927, Arema, Persija, dan PSMS Medan.

Namun menurut La Nyalla, bukan perkara mudah menggabungkan manajemen klub yang berbeda karena belum tentu pemegang saham dua klub yang berbeda memiliki kesamaan visi dan kepentingan.

“Kalau pemain kedua klub masih bisa bergabung, tapi kalau manajemennya saya pikir sangat sulit” tambah La Nyalla.

La Nyalla juga menegaskan bahwa PSSI tetap berpegang pada statuta dan hasil KLB yang memutuskan hanya empat klub teratas dari kompetisi IPL yang berhak bergabung di ISL musim depan.

Itu pun klub anggota resmi PSSI dan bukan klub hasil kloningan. Terkait dengan status Persebaya 1927, La Nyalla menyebut klub tersebut belum terdaftar sebagai anggota PSSI dan tidak akan bisa pindah ke ISL meski nantinya berada di posisi empat besar klasemen akhir IPL.

“PSSI tetap memberikan kesempatan untuk ikut kompetisi, tetapi harus mendaftar terlebih dahulu dan memulai dari kompetisi paling bawah. Kalau tidak mau, mereka harus hilang karena aturannnya seperti itu” tegas La Nyalla.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda