Scroll to Top

Seagate Luncurkan Hard Disk Berkapasitas 4TB

By Ditya / Published on Friday, 05 Apr 2013
Seagate Barracuda XT
Seagate Barracuda XT 4TB

Tak mau kalah dengan pesaingnya yang telah meluncurkan hard disk berkapasitas 4TB, Seagate pun merilis hard disk berkapasitas 4TB. Sebelumnya Western Digital telah merilis hard disk berkapasitas 4TB melalui produk WDC Black 4TB beberapa waktu lalu.

Seagate telah merilis hard disk berkapasitas besar, yakni 4TB. Berbeda dengan hard disk 4TB lainnya, hard disk 4TB besutan Seagate ini menggunakan platter atau piringan berkapasitas 1TB. Sehingga, hard disk yang Seagate 4TB hanya mengusung 4 platter. Semakin sedikit jumlah platter, maka performa hard disk akan meningkat.

Saat ini platter atau piringan berkapasitas 1TB mulai banyak digunakan oleh produsen hard disk termasuk Seagate. Mungkin, tak lama lagi produsen hard disk akan merilis hardisk berkapasitas hingga 5TB dengan menggunakan 5 platter dalam sebuah hard disk.

Seagate mengkombinasikan hard disk 4TB dengan 4 platter besutannya dengan kecepatan rotor 7200rpm (rotation per minute) dengan antarmuka SATA 3, serta buffer berkapasitas 64MB ini diyakini mampu menghasilkan performa yang yang memuaskan.

Seagate mengklaim bahwa kecepatan baca hard disk 4TB terbarunya ini mencapai 146MB/s hal ini juga dibarengi dengan penurunan konsumsi daya hard disk hingga 35 persen lebih rendah dari produk kompetitor.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (04/04/2013), hard disk Seagate berkapasitas 4TB ini akan dijual dengan harga US $190 untuk OEM, sedangkan versi retail akan dibanderol dengan harga US $212 atau sekitar Rp 2 jutaan. Hal ini membuat hard disk Seagate 4TB ini menjadi hard disk dengan harga per GB paling rendah.

Saingan terdekat hard disk Seagate 4TB ini adalah WDC Black 4TB yang dirilis beberapa waktu lalu. Namun, harga yang ditawarkan oleh pesaingnya tersebut mencapai diatas Rp 3 jutaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda