Scroll to Top

Mobil Masa Depan Berteknologi Nuklir?

By Ivan Azzam / Published on Friday, 02 Sep 2011

Cadillac pada Chicago Auto Show 2009, memamerkan konsep mobil bernama Cadillac World Thorium Fueled Concept bertenaga nuklir. Meski mobil tersebut tidak berisi reaktor nuklir bertenaga thorium, penelitinya mengatakan teknologi tersebut sudah dalam jangkauan.

Charles Stevens, peneliti dari perusahaan Laser Power Systems, Massachusetts, membuat prototip laser bertenaga thorium yang bisa digunakan untuk membuat tenaga yang cukup untuk menjalankan sebuah kendaraan tanpa emisi, menurut artikel dari Txchnologist. Jika konsep dari Cadillac berbasis reaktor nuklir kecil bertenaga thorium, prototip dari Steve dirancang menggunakan laser dengan intensitas tinggi bertenaga thorium, “MaxFelaser”.

Menurut artikel tersebut, cara kerja MaxFelaser adalah, sinarnya mengubah air menjadi uap bertekanan udara, yang lalu memutar turbin dan akhirnya memberi tenaga listrik. Dengan ini, bisa menghasilkan listrik 250 kilowatt. Cukup baik, namun seberapa realistiskah?

Thorium telah dilirik oleh beberapa ilmuwan nuklir dan mempromosikan thorium sebagai bahan nuklir yang lebih baik daripada uranium. Namun tetap, yang menjadi perhatian penting adalah menaruh bahan radioaktif di kendaraan.

Meski secara teoritis reaktor nuklir berbasis thorium dalam jumlah kecil adalah mungkin, tapi belum ada yang dirancang untuk muat dalam mobil. Jika ini benar terwujud, maka dunia bisa mendapat bahan bakar alternatif lainnya tanpa harus bergantung dari bensin lagi. (via CNET)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda