Scroll to Top

Chrome 28 akan Gunakan Mesin Blink, Tinggalkan WebKit

By Ditya / Published on Friday, 05 Apr 2013

Google Chrome

Browser Google Chrome 28 dikabarkan akan menggunakan mesin Blink dan meninggalkan mesin WebKit yang selama ini digunakan. Seperti yang diberitakan sebelumnya, Google tengah mengembangkan mesin browser sendiri yang dibuat berdasarkan WebKit, yakni Blink.

Mesin browser sendiri adalah komponen inti dari sebuah browser yang bertugas untuk menerjemahkan kode pemrograman web menjadi tampilan situs web yang interaktif dan menarik. Google Chrome menggunakan mesin yang bernama WebKit, sedangkan Firefox menggunakan Gecko, dan Opera menggunakan Presto.

Keputusan Google untuk mengganti mesin browser dari WebKit ke Blink pada browser Chrome 28 ini dikarenakan kedua mesin tersebut masih sangat mirip. WebKit sendiri adalah mesin browser populer yang juga digunakan oleh browser Apple Safari.

Mesin web browser Blink ini dibuat berdasarkan WebKit, sehingga keduanya masih sangat mirip. Pengguna browser Chrome dan pengembang web tak perlu khawatir dengan perubahan mesin yang digunakan oleh Chrome, karena tak akan ada perbedaan signifikan antara Chrome yang menggunakan WebKit dengan Chrome yang menggunakan Blink.

Meski sangat mirip, bukan berarti mesin browser Blink ini sama dengan WebKit, Google dikabarkan menghapus bebepara kode yang dianggap tak perlu dan menambahkan beberapa kode yang dianggap perlu untuk mengoptimalisasi performa Blink.

Lalu mengapa Google mengganti mesin Chrome dari WebKit ke Blink? Google tampaknya ingin lepas dari WebKit dan membuat mesin browser sendiri yang lebih ringan, powerfull, dan lebih cepat, sehingga Google memutuskan untuk mengembangkan Blink yang dibuat berdasarkan WebKit.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (04/04/2013), Google kabarnya juga berencana untuk menulis ulang kode jaringan dalam WebKit dan membuatnya lebih sederhana dan lebih cepat, tapi hal tersebut belum bisa dilakukan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda