Scroll to Top

Timnas Indonesia Vs Benin Habiskan Rp25 Miliar, Terlalu Mahal?

By Aditya / Published on Saturday, 06 Apr 2013

Benin Timnas

Badan Tim Nasional (BTN) harus merogoh kocek cukup dalam untuk mendatangkan bakal calon lawan ujicoba Timnas Indonesia, termasuk tim yang akan segera dihadapi di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta pada tanggal 27 April 2013 mendatang, yaitu timnas Benin. Untuk membawa tim asal Afrika Barat ini ke tanah air, BTN wajib mengeluarkan biaya sebesar 25 miliar rupiah.

Dana sebesar itu dipatok karena pihak Benin mengklaim timnasnya diperkuat oleh sebagian besar pemain yang berkompetisi di Eropa. BTN pun menyanggupi biaya tanding tersebut dan sudah deal dengan federasi sepakbola Benin.

“70-80 persen pemainnya merumput bersama klub-klub elite Eropa. Sejauh ini, tidak ada masalah dengan proses ujicoba ini, sebab kami sudah mendapatkan sambutan positif dari Federation Beninoise de Football (PSSI-nya Benin). Tinggal melengkapi administrasinya saja,” kata Direktur Marketing dan Bidang Luar Negeri BTN, Rudolf Paulus Yesayas, di Jakarta belum lama ini.

Apakah harga sebesar itu tidaklah terlalu mahal untuk tim sekelas Benin? Memang, tim nasional Benin saat ini banyak diperkuat oleh para pemain yang berkiprah di Eropa. Namun, hampir semua pemain yang merumput di Eropa itu bukan bergabung dengan klub elit. Yang paling mentereng mungkin cuma Stephane Sessegnon yang bermain untuk klub semenjana Inggris, Sunderland.

Selain itu ada juga Emmanuel Imorou yang merumput di Portugal bersama Braga dan Reda Johnson pemain milik Sheffield Wednesday yang berlaga di Championship, kompetisi kelas dua di Inggris, setingkat di bawah EPL. Ada pula Khaled Adenon, Fabien Farnolle, dan Christopher Glombard yang masing-masing memperkuat tiga klub peserta Ligue 2, kompetisi kasta kedua Prancis, yakni Le Mans, Clermont, dan Reims.

Selebihnya adalah pemain berlaga di klub-klub kecil Eropa yang tersebar di Belgia, Republik Irlandia, Slovakia, Finlandia, dan Jerman. Juga ada sejumlah pemain yang berkompetisi di Asia dan Afrika, termasuk di kompetisi lokal Benin sendiri. Secara umum, nyaris tidak ada pemain timnas Benin yang namanya cukup dikenal oleh publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda