Scroll to Top

Alienware X51, PC Gaming Rasa Linux Meluncur

By Ditya / Published on Saturday, 06 Apr 2013
Alienware X51
Alienware X51 versi Linux

Dell akhirnya merilis PC gaming Alienware X51 yang menggunakan sistem operasi Ubuntu Linux 12.04 LTS. Alienware X51 sendiri adalah PC gaming yang mengusung casing berbentuk mirip konsol game yang pertama kali diluncurkan pada Januari 2012 lalu.

Dell tampaknya memang bersungguh-sungguh untuk menghadirkan jajaran produk yang menggunakan sistem operasi Linux. Sebelumnya, perusahaan yang didirikan oleh Michael Dell ini telah meluncurkan “Project Sputnik” berupa laptop XPS 13 yang menggunakan sistem operasi Linux.

Kini giliran gamer yang merasakan PC gaming Alienware X51 dengan sistem operasi Ubuntu Linux 12.04 LTS. PC Gaming Alienware X51 ini mengusung desain casing yang sama dengan Alienware X51 versi Windows, yakni menyerupai casing konsol game.

Dapur pacu PC gaming Alienware X51 versi Linux ini juga lumayan gahar, yakni ditenagai oleh prosesor Intel Core i3-3220 dual-core dengan kecepatan 3,3GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 6GB dan grafis dari Nvidia GeForce GTX 645 dengan VRAM 1GB GDDR5.

Tak hanya itu, Alienware X51 versi Linux ini juga menawarkan upgrade ke prosesor quad-core dan kartu grafis yang lebih mumpuni dan tambahan memori RAM hingga 8GB. Varian Alienware X51 yang menggunakan kartu grafis GeForce GTX 660 akan dibanderol dengan harga yang lebih mahal.

Sayangnya, jumlah game komersial atau game kelas berat di sistem operasi Linux masih kalah banyak dengan Windows. Dell sendiri menawarkan akses 25 judul game gratis untuk Alienware X51 versi Linux melalui Steam Linux versi beta.

Seperti yang dilansir dari ArsTechnica (05/04/2013), PC gaming Alienware X51 dengan sistem operasi Ubuntu Linux 12.04 LTS ini dijual dengan harga mulai US $599 untuk spesifikasi dasar dan US $1.049 untuk varian tertinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda