Scroll to Top

Polisi Bali Palak Bule Belanda Buat Beli Bir

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 06 Apr 2013

Polisi Bali Palak Bule Belanda Buat Beli Bir

Video polisi Bali yang memalak seorang bule Belanda di Youtube dengan judul ‘Polisi Korupsi di Bali/ Corruption police in Bali’ ramai ditonton di Yoitube. Oknum polisi bali dalam video tersebut, menggunakan setengah dari uang tilang tersebut, untuk membeli bir. Turis tersebut bukan sembarang turis. Kees van Der Speek, adalah seorang jurnalis asal Belanda. Ia juga mengungkap kejahatan lain yang dilakukan oleh petugas bea cukai Bandara Ngurah Rai.

Di antara dua video buatan sang jurnalis, yang paling banyak mendapatkan perhatian adalah video ‘Polusi Korupsi di Bali’. Hingga tulisan ini dimuat, video tersebut sudah dilihat 875013 kali. Video ini sendiri diawali dari ‘kesalahan’ Van der Spek yang tidak membawa helm dan SIM. Ia ditahan di pos polisi Lio Square, perempatan Petitenget, Kuta Utara.

Oknum polisi Bali tersebut kemudian menawarkan, pelanggaran tersebut harus diselesaikan di mana. Jika di tempat, maka sang bule cuma butuh membayar 200 ribu atau kurang dari seperlima ongkos yang akan dikeluarkan Van der Spek jika ia mesti berurusan di pengadilan, versi sang oknum polisi.

Bule tersebut menerima tawaran tadi; dan setelah berbincang akrab, ia kemudian ditawari oleh sang oknum polisi untuk minum bir, karena mengaku hendak melakukan hal yang sama di hotel. Yang digunakan untuk membeli bir, adalah uang Van der Spek tadi.

“Uangnya seratus ribu untuk bir, seratus ribu untuk pemerintah saya,” kata sang oknum polisi.

Telusur punya telusur, Van Der Spek juga berhasil mengorek keterangan tentang siapa saja yang sudah ‘dikerjai’ sang polisi. Tanpa sungkan, oknum tersebut menyebutkan, sang bule adalah orang ketiga yang ditilangnya. Ada dua orang sebelumnya yang dikenai denda 300 ribu dan 100 ribu.

Perilaku oknum polisi bali yang demikian ini, mengundang reaksi negatif dari berbagai kalangan. Mabes Polri sendiri, mengaku malu berat dengan kejadian tersebut.

“Sikap Mabes Polri, mengutuk dengan keras kepada oknum anggota polisi lalu lintas yang menerima suap dari turis asal Belanda, sebagaimana yang diunggah dari Youtube,” sebut Kepala Biro Penerangan Mabes Polri Brigjen Boy Rafli Amar seperti dikutip harian Sumutpos.

Nah, jika Anda belum melihat video tersebut, silakan simak di bawah ini. Jangan lupa untuk menyumbangkan pendapat di kolom komentar.

http://www.youtube.com/watch?v=GK22HH7_Nx4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda