Scroll to Top

Bayern Munchen Juara Liga Jerman 2012-2013

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 06 Apr 2013

Bayern Munchen

Bayern Munchen akhirnya memastikan diri menjadi juara Liga Jerman 2012-2013. Hal ini didapatkan setelah mereka menikam tuan rumah Eintracht Frankfurt dengan skor 0-1 di pekan ke-28 Bundesliga. Dengan mengumpulkan 75 poin, Bayern Munich tak terkejar lagi oleh Borussia Dortmund yang dalam waktu bersamaan mengandaskan Augsburg 4-2.

Ya, gol semata wayang Bastian Schweinsteiger di menit 52 sudah cukup untuk membawa pasukan Juup Heynckes memboyong gelar juara liga setelah dalam dua musim terakhir Bundesliga didominasi Borussia Dortmund. Sang rival sendiri, telah berjuang semaksimal mungkin. Dua gol dari Julian Schieber, satu dari Nevan Subotic, dan satu lagi dari Robert Lewandowski memastikan, setidaknya BVB kemungkinan besar akan mengakhiri musim sebagai runner-up, di  atas Bayer Leverkusen.

Keberhasilan Bayern Munchen menjuarai Bundesliga bukan hal yang mengejutkan. Mereka memulai kampanye dengan spektakuler, dan bahkan titel bagi Mario Mandzukic dkk. sudah hampir di genggaman tangan di pertengahan musim. Pembelian Javi Martinez dari Athletic Bilbao dengan memecahkan rekor pemain termahal di Liga Jerman, kini terbayar sudah. Dan, masa depan Bayern Munich semakin gemilang karena sudah ada Pep Guardiola musim depan yang melanjutkan estafet kepelatihan dari Juup Heynckes.

Superiornya Bayern Munchen bisa dilihat dari catatan mereka yang terlalu impresif. Dalam 28 pertandingan sejauh ini, mereka cuma sekali tumbang oleh Bayer Leverkusen. Selebihnya tiga kali seri, dan 24 kali meraih kemenangan. Total gol yang dilesakkan adalah 79 gol berbanding kemasukan 13 kali. Dengan demikian surplus gol klub Allianz Arena adalah 66, lebih dari sekadar 2 kali lipat surplus gol Borussia Dortmund.

Keberhasilan Munchen juga membuka peluang mereka meraih treble winners. Setelah Liga Jerman, target terdekat adalah lolos ke semifinal Liga Champions atas Juventus, kemudian menenggelamkan Wolfsburg di DFB Pokal. Dan, dengan kedigdayaan Munchen musim ini, layak ditunggu, musim depan, apakah Dortmund dan Leverkusen mampu mengejar mereka?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda