Scroll to Top

Kualifikasi Olimpiade 2012 Sepakbola Wanita: Jepang Menghajar Thailand 3-0

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 02 Sep 2011

Timnas wanita Jepang yang dikenal dengan julukan Nadeshiko Japan, melanjutkan kapasitas mereka sebagai Juara Piala Dunia 2011. Dalam lanjutan babak kualifikasi Olimpiade 2012 cabang sepakbola wanita, Nadeshiko Japan tidak kesulitan meremukkan Thailand 3-0 di  Shandong Sports Center.

Dalam kualifikasi zona Asia ini, Jepang bergabung dalam grup tunggal yang dihuni enam tim terbaik Asia: Korea Selatan, Korea Utara, Australia, Thailand, China, dan mereka sendiri. Sistem pertandingannya pun hanya digelar di satu tempat, yatu di Shandong, China. Cuma ada dua negara yang otomatis lolos ke Olimpiade 2012.

Melawan Thailand, Jepang sempat kesulitan di babak pertama. Tim yang kali ini tidak diperkuat oleh Homare Sawa, pemain terbaik Piala Dunia lalu, membutuhkan 61 menit untuk membobol gawang Thailand yang dijaga oleh Sudtavee Kanyawee.

Adalah gelandang Nahomi Kawasumi yang memecah kebuntuan. Berikutnya, gol bek Asuna Tanaka pada menit 75 dan gol bunuh diri bek pengganti Kwanruethai Kunupatham menggenapkan keunggulan telak  Nadeshiko Japan.

Sementara itu, kejutan datang dari Korea Utara yang di luar dugaan mampu menekuk Australia 1-0. Pahlawan kemenangan Korea Utara adalah gelandang bernomor punggung 9, Kim Su Gyong. Dengan hasil ini, sementara Korea Utara menduduki posisi runner-up di bawah Jepang.

Pertandingan terakhir, antara sesama ras kuning, Cina dan Korea Selatan berakhir dengan skor kacamata; Tentu hasil ini mengacaukan rencana Cina ke London 2012, padahal mereka semestinya bisa mengambil keuntungan sebagai penyelenggara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda