Scroll to Top

Imunisasi Bukan Penyebab Autisme

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 07 Apr 2013

vaksinasi

Studi terbaru yang dimuat dalam Journal Pediatrics mengatakan, pemberian imunisasi (vaksinasi) lengkap pada anak-anak pada usia satu hari hingga dua tahun pertama kehidupan, tidak menimbulkan risiko pada terjadinya penyakit autisme.  Demikian informasi yang ditulis She Knows dari CNN.

Saat ini terdapat wacana negatif terkait pemberian vaksin kepada anak-anak. Sebagian kabar mengatakan, imunisasi memberikan kontribusi pada peningkatan risiko autisme. Akibatnya, banyak orang tua yang merasa khawatir memberikan imunisasi lengkap pada anak mereka.

“Perhatian pada seputar vaksin telah menjadi isu yang sangat signifikan. Banyak orangtua sekarang yang memutuskan untuk menunda atau menjauhi ruang vaksin. Telah terjadi kecemasan ketika orang tua khawatir tentang apakah vaksin berhubungan dengan autisme, mereka memilih untuk tidak memvaksinasi anak mereka,” kata Geraldine Dawson, chief science officer di Autism Speaks, seperti dikutip TIME.

Sementara itu, pada studi ini dilakukan pengamatan terhadap vaksin yang masuk ke dalam 256 tubuh anak-anak penderita gangguan spektrum autisme (ASD) dan 752 anak yang tidak mengidap gangguan autisme. Mereka lahir antara tahun 1994 hingga 1999. Peneliti menghitung seberapa banyak vaksin diberikan dan mencatat jumlah antigen dalam vaksin selama tiga periode waktu berbeda. Yaitu, lahir hingga usia tiga bulan, dari lahir hingga usia tujuh bulan, dan dari lahir sampai dua tahun pertama kehidupan.

“Ketika kami membandingkan mereka sekitar 250 anak-anak dengan ASD dan sekitar 750 anak-anak yang tidak memiliki ASD, kami menemukan paparan antigen mereka, setelah diukur, adalah sama,” kata Dr Frank DeStefano, pemimpin penelitian yang juga direktur Immunization Safety Office at the Centers for Disease Control and Prevention.

“Tidak ada hubungan antara paparan antigenik dan perkembangan autisme,” lanjut DeStefano.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda