Scroll to Top

Windows 8 Menawarkan Tampilan Metro & Standar

By Ivan Azzam / Published on Friday, 02 Sep 2011

Windows 8 menawarkan pada pengguna pilihan untuk menggunakan tampilan baru yang disebut Metro atau tetap memakai tampilan desktop environment lamanya.

Petinggi Microsoft Steven Sinofsky mengkonfirmasi Windows 8 akan mendukung tampilan antarmuka baru yang disebut Metro, yang disebutnya sebagai tampilan yang cepat dan berubah-ubah, cantik, dan app-centric.

Dengan kemampuan layar sentuh dan tema yang dipinjam dari Windows Phone 7, Metro dirancang dengan smartphone dan tablet tapi tentu bisa dijalankan di komputer biasa.

Jika pengguna ingin tampilan desktop “tradisional” dan kontrol yang lebih baik, Microsoft juga menawarkan hal tersebut. Secara standar, Metro akan menyembunyikan desktop Windows. Tapi jika mau, pengguna bisa memilih menampilkan desktop tersebut.

Sinofsky mengatakan, seperti dikutip dari CNET, mekanisme kegiatan yang bergantung pada mouse, keyboard, trackpad dsb bukan berarti menjadi tidak berguna, maka dari itu Microsoft masih menyelipkan fitur lama tersebut pada Windows 8, meski pilihan “touch” adalah pilihan utama dalam menggunakan Windows 8, dan pilihan ini lebih ergonomis, cepat, dan fungsional.

Sinofsky memberi kesan, Metro akan menjadi tampilan antarmuka standar pada Windows 8, namun belum jelas apakah pengguna bisa memilih apa yang dipakai daripada memakai tampilan antarmuka tersebut (Metro) secara permanen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda