Scroll to Top

Facebook Home dan Masalah Privasi Pengguna

By Ibnu Azis / Published on Monday, 08 Apr 2013

Facebook Home

Sejak peluncuran Facebook Home beberapa waktu yang lalu, tidak sedikit pengguna yang bertanya-tanya soal masalah privasi mereka. Michael Richter, Chief Privacy Officer dan Erin Egan, Chief Privacy Officer of Policy dari Facebook menjelaskan kekhawatiran tersebut.

Facebook Home, tulis Facebook News Room, sebagaimana keterangan dua perwakilan Facebook di atas tidak akan mengoleksi data pengguna. Sebut saja soal lokasi. Jejaring sosial tersebut tak mengumpulkan data lokasi mereka, pun juga pengguna bisa mematikan fitur lokasinya di Facebook.

Facebook juga menjelaskan jika Facebook Home tidak mengumpulkan informasi pengguna di luar aplikasi Facebook Home. Facebook akan memahami interaksi pengguna di dalam aplikasi Facebook Home. Di luar itu jejaring sosial ini tak akan mencoba untuk mendeteksi.

Facebook Home sendiri menggunakan data pengguna dibawah regulasi Facebook Data Use Policy. Pengguna bisa menelusuri informasi lebih lanjut soal masalah privasi yang dikhawatirkan sebelum mengaktifkan Facebook Home.

Apa yang dirisaukan pengguna memang beralasan. Apa yang Facebook lakukan di smartphone Android lewat Facebook Home-nya, seakan mengubah 100% ekosistem ponsel ‘robot ijo’ ini. Facebook Home memang sangat berbeda dengan aplikasi Android lainnya.

Facebook Home sendiri berjalan di atas sistem operasi (Android) namun berada di bawah aplikasi lainnya. Pilihan platform Android sendiri diputuskan terkait dengan sifat ‘terbuka’ OS tersebut yang open-source.

12 April 2013 nanti pengguna dapat merasakan bagaimana dahsyatnya Facebook Home. Sayangnya aplikasi ini hanya tersedia untuk smartphone kelas atas macam HTC One X, HTC One X+, Samsung Galaxy SIII, dan Samsung Galaxy Note.

Sedangkan pasca launching Facebook Home 4 April lalu, Facebook dan HTC merilis HTC First, ponsel Facebook pertama yang terintegrasi penuh dengan aplikasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda