Scroll to Top

Google Dikabarkan Tertarik Akuisisi WhatsApp

By Ibnu Azis / Published on Monday, 08 Apr 2013

whatsapp

Kabar akuisisi WhatsApp kembali menyeruak. Kali ini, aplikasi pesan instan tersebut dikaitkan dengan raksasa internet Google. Tak tanggung-tanggung. Perusahaan teknologi tersebut siapkan mahar USD 1 miliar untuk meminang WhatsApp. Jumlah nominal yang sama tatkala Facebook mengakuisisi Instagram.

Rumor ini pertama kali berhembus dari sumber internal terpercaya perusahaan. Dikutip dari Apple Insider yang melansir Digital Trends, pembicaraan antara Google dan WhatsApp sendiri telah berlangsung lebih dari sebulan yang lalu.

WhatsApp, menurut sumber tersebut, saat ini tengah berupaya agar memeroleh nilai akuisisi yang lebih tinggi. Dengan gelontoran USD 1 miliar atau setara dengan Rp 9,6 triliun, apakah nilai tersebut masih kurang tinggi?

Sedikit informasi, dilansir dari Wikipedia, akuisisi Google di atas USD 1 miliar hanya terjadi pada tiga buah perusahaan. Motorola Mobility pada Agustus 2011 (USD 12,5 miliar), DoubleClick pada April 2007 (USD 3,1 miliar), dan Youtube pada Oktober 2006 (USD 1,6 miliar).

Para pengamat sendiri telah memrediksi bila tahun ini memang waktunya aplikasi pesan instan. Era aplikasi berbagi foto memang telah usai tahun lalu kala Instagram dicaplok Facebook. Tahun ini gempuran aplikasi chatting lewat Line, WeChat, KakaoTalk, dan WhatsApp memang luar biasa.

Kabar yang beredar jika Google akan menggabungkan WhatsApp dengan layanan komunikasi mereka dalam satu atap. Jelas ini merupakan gebrakan Google agar bisa bersaing dengan Facebook dan aplikasi pesan instan lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda