Scroll to Top

Timnas Indonesia Era Bepe Adalah Generasi yang Gagal?

By Aditya / Published on Tuesday, 09 Apr 2013

Bambang Pamungkas timnas indonesia

Bambang Pamungkas telah memutuskan pensiun dari Timnas Indonesia. Masa-masa bersama timnas dilalui oleh pemain yang akrab disapa Bepe ini dengan penuh perjuangan dan, mirisnya, diakhiri ketika konflik sepakbola nasional belum benar-benar menemui usai. Benarkah Timnas Indonesia di era Bambang Pamungkas adalah generasi yang gagal karena tidak mampu mempersembahkan satu pun trofi bergengsi?

Bepe bergabung dengan skuat Timnas Indonesia senior sejak tahun 1999. Memang, hingga ia memutuskan gantung sepatu pada tahun 2013 ini, Timnas Indonesia belum meraih gelar bergengsi. Paling banter, Bambang Pamungkas dan kawan-kawan ”hanya” mampu mencatatkan diri sebagai runner-up AFF Cup sebanyak empat kali, yaitu pada 2000, 2002, 2004, dan 2010.

”Pada akhirnya saya memang harus menerima kenyataan bahwa tidak ada satu gelar bergengsi yang mampu saya berikan untuk Indonesia. Dan oleh karena itu, seperti yang pernah saya janjikan, maka di akhir artikel ini saya akan berteriak dengan lantang, jika Saya Adalah Generasi Yang Gagal,” tulis Bepe di artikelnya yang dimuat di website pribadi kapten Timnas Indonesia ini.

Minimnya prestasi yang ditorehkan tim Garuda angkatan Bambang Pamungkas juga mendapat sorotan dari Manajer Timnas Indonesia saat ini, Habil Marati. Bahkan, politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu secara khusus memberikan penilaian kepada Bepe yang disebutnya bukan pemain yang istimewa dan tidak memberikan prestasi apapun kepada timnas.

“Bepe itu biasa-biasa saja tidak ada istimewanya. Selama dia bermain di timnas tidak ada prestasi juga,” kecam Habil Marati beberapa waktu lalu.

Namun, apapun itu, sejarah telah mencatat bahwa Bambang Pamungkas tetap menjadi legenda hidup bagi sepakbola nasional. Selain sebagai kapten tim yang cukup lama memimpin timnas, hingga saat ini Bepe juga masih menjadi pencetak gol terbanyak bagi tim Merah-Putih, juga sebagai pemain yang paling banyak bermain untuk Timnas Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda