Scroll to Top

Nvidia GeForce GTX Titan LE: Spesifikasi Bocor di Internet

By Ditya / Published on Tuesday, 09 Apr 2013
GeForce Titan
GeForce GTX Titan

Nvidia memang telah merilis kartu grafis GeForce Titan dengan harga yang mencapai sekitar Rp 9 jutaan, tentu tak terjangkau bagi mayoritas gamer. Baru-baru ini muncul screenshot GPU-Z dari kartu grafis GeForce GTX Titan LE yang disinyalir adalah versi murah dari GeForce Titan.

Spesifikasi GeForce GTX Titan LE ini sedikit dibawah spesifikasi GeForce GTX Titan. Berdasarkan screenshot GPU-Z GeForce GTX Titan LE yang telah bocor di internet, kartu grafis ini hanya mengaktifkan 12 dari 15 unit SMX yang ada, bandingkan dengan GeForce GTX Titan yang mengaktifkan 14 dari 15 unit SMX.

Kartu grafis GeForce GTX Titan LE ini mengusung 2.304 stream prosesor atau CUDA core yang dipadukan dengan 40 ROPs dan 192 TMUs, sedikit dibawah GeForce GTX Titan yang mengusung 2.688 stream prosesor, 48 ROPs, dan 224 TMUs.

Versi murah dari GeForce GTX Titan ini akan menggunakan antarmuka memori 320-bit dan memori VRAM akan dipangkas menjadi hanya 5GB saja. Sedangkan GeForce GTX Titan sendiri mengusung antarmuka memori 384-bit dengan memori VRAM mencapai 6GB.

Uniknya, kecepatan GeForce GTX Titan LE ini sama dengan GeForce GTX Titan, yakni berlari dengan kecepatan core dasar 837MHz dan modus cepat 879MHz dan kecepatan memori VRAM mencapai 6008MHz. Hal ini terlihat bahwa meski GeForce GTX Titan LE inimengusung spesifikasi yang dipangkas, tapi kinerja yang dihasilkan masih cukup tinggi.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (08/04/2013), kartu grafis GeForce GTX Titan LE ini akan dijual lebih murah dari GeForce GTX Titan, yakni dikisaran harga US $700 atau sekitar Rp 6,8 jutaan, masih cukup mahal.

Sampai saat ini belum ada informasi atau komentar resmi dari Nvidia terkait kehadiran kartu grafis GeForce GTX Titan LE ini. Namun, diharapkan kartu grafis GeForce GTX Titan LE ini diluncurkan pada kuartal ketiga tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda