Scroll to Top

Gempa Bumi Pandeglang Terasa Sampai Jakarta

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 09 Apr 2013

Gempa Bumi Pandeglang Terasa Sampai Jakarta

Gempa bumi berkekuatan 5,5 skala Richter mengguncang Pandeglang pada Selasa, 9 April 2013. Getarannya dirasakan hingga Jakarta.
Sumber gempa Pandeglang sendiri berasal dari arah 84 kilometer sebelah tenggara wilayah tersebut dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa ini terjadi sekitar pukul 01.53 WIB.

Adakah korban jiwa akibat Gempa Pandeglang? Menurut Encep Suryadi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, tidak ada korban jiwa atau kerusakan parah akibat gempa tersebut.

“Kita sudah berkoordinasi dengan petugas dan para kepala desa di Pandeglang wilayah selatan, dan keterangan mereka tidak ada korban ataupun kerusakan akibat gempa itu,” tuturnya seperti dikutip oleh Metro TV.

Encep Suryadi mengakui, hingga saat ini belum ada laporan adanaya kerusakan atau korban jiwa. Meskipun demikian, pihaknya akan terus melakukan pemantauan.

Gempa Pandeglang sendiri bisa dirasakan warga Jakarta. Terutama bagi orang-orang yang ketika dini hari tersebut berada di gedung-gedung tinggi. Beberapa akun twitter semalam menyampaikan hal ini. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Bukankah wilayahnya cukup jauh?

“(Gempa Pandeglang) Terasa di Jakarta karena kedalaman gempa hanya 10 km,” tutur Budiman, petugas bidang gempa bumi dan tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG ) seperti dikutip Liputan 6.

Meskipun dipastikan gempa ini tidak berpotensi tsunami, “Getaran sekuat ini memang bisa membuat (orang-orangyang tengah berada di) gedung merasakan goyangannya,” tambah Budiman.

Foto: antara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda