HJSplit

Tak harus membayar mahal untuk mendapatkan software ciamik. Salah satu contohnya adalah HJSplit, sebuah aplikasi untuk memecah dan menggabungkan part file. HJSplit sangat bermanfaat bagi Anda yang kerap berbagi berkas di internet.

Misalkan saja ingin mengirim berkas berbobot 100 MB. Baik Yahoo! Mail dan Gmail tentu saja tak mendukung berkas segede itu. Meski demikian Anda pengguna Gmail tetap bisa lakukannya lewat integrasi Google Drive.

Nah, dengan HJSplit email berkapasitas 100 MB tetap bisa dikirimkan dengan trik ‘memecah belah’. Lampiran dipecah menjadi empat atau lima kemudian dikirim lewat beberapa email. Jadi tiap satu email miliki kapasitas lampiran 20 MB atau 25 MB.

HJSplit 1
Fitur HJSplit, Split atau memecah berkas

Trik ini juga sering dilakukan di blog atau situs yang sediakan berkas gratis macam software atau film. Mereka pecah berkas yang ada agar pengunduh bisa download dengan kapasitas yang lebih ringan. Selain memecah HJSplit miliki kemampuan untuk menyatukan.

Fitur ini bernama ‘Join’. Tinggal memilih berkas yang ingin digabung. Berkas yang bisa disatukan via HJSplit miliki nama ‘berkas.part001.rar’. Jika memecah dari berkas .rar maka akan berakhiran ‘part001.rar’. bilamana dari jenis berkas lain, .exe misalnya, nantiny akan berakhiran pula ‘part001.exe’.

HJSplit 2
Fitur HJSplit lainnya, Join atau menggabungkan berkas

Tinggal klik berkas ‘part001’ dan secara otomatis akan tergabung dalam satu folder. Hal ini juga demikian tatkala memecah berkas atau split.

Selain gratis HJSplit juga sangat ringan. Bahkan Anda tak perlu menginstanya. Kapasitasnya berkisar 190 KB saja. HJSplit mendukung sistem operasi populer seperti Windows, Mac, dan Linux. Unduh gratis di sini.